Penggiat Wisata di Konsel Dilatih Kelola “Home Stay” – Kendari Pos
Konawe Selatan

Penggiat Wisata di Konsel Dilatih Kelola “Home Stay”

Wisata Namu, salah satu tempat wisata yang ada di Konawe Selatan

KENDARIPOS.CO.ID — Destinasi wisata Konawe Selatan (Konsel) cukup potensial. Atas dasar itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat terus memberi perhatian terhadap pengelolaannya. Salah satunya tentang pengelolaan “Home Stay” atau tempat persinggahan pengunjung wisatawan.

Wakil Bupati (Wabup) Konsel Dr. H Arsalim Arifin mengatakan pengelolaan wisata harus didukung dengan sumber daya manusia (SDM). Untuk itulah, para pengelola wisata harus dilatih. Dengan begitu, wisatawan akan kerasan dan memiliki keinginan untuk datang kembali.

“Salah satu cara untuk memaksimalkan pengelolaan tempat wisata di Konsel, maka harus didukung dengan SDM yang memadai,” kata pasangan Surunuddin Dangga saat membuka pelatihan tata kelola “Home Stay” di Hotel Wixel Kendari, akhir pekan lalu.

Potensi wisata Namu sambungnya, tidak cukup dengan panorama alamnya. Tetapi bagaimana pemerintah desa setempat bisa mengoptimalkan sarana dan prasarananya. Yakni ketersediaan home stay yang mumpuni. “Olehnya itu, perlu ada kesiapan khusus dari pengelola atau peramu wisata. Makanya melalui Dispar Konsel kita berikan pembekalan terhadap masyarakat atau pengelola yang Desanya memiliki potensi wisata,” imbuhnya.

Konsel-2 ini berharap bagi peserta yang telah mengikuti pembekalan itu bisa langsung diaktualisasikan atau di praktekkan di desa masing-masing. “Untuk menarik dan memberi rasa nyaman para wisatawan itu tergantung dari cara pengelolaannya. Kalau fasilitas memadai itu bisa memberikan dampak ekonomi bagi desa itu sendiri,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemda Konsel, AB. Subair melalui sekretarisnya, Joharmey menambahkan, peserta yang dilibatkan sebanyak 60 orang perwakilan dari masing-desa potensial wisata di Konsel. “Kegiatan pelatihan ini kita juga menghadirkan pemateri pengelola wisata dari praktisi dan akademisi. Sehingga memberikan bekal terkait tata cara pengelolaan Home Stay. Dengan demikian dapat menarik minat para wisatawan baik tingkat regional, nasional dan internasional,” terangnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy