Pengerjaan Proyek Fisik 90 Persen, Realisasi Anggaran Baubau 80 Persen – Kendari Pos
Bau-bau

Pengerjaan Proyek Fisik 90 Persen, Realisasi Anggaran Baubau 80 Persen

KENDARIPOS.CO.ID — Jelang tutup tahun, realisasi serapan anggaran Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau belum maksimal. Padahal masa anggaran tinggal menghitung hari. Hingga kini, baru mencapai angka 80 persen. Namun nilai realisasi serapan anggaran dipastikan lebih besar dari laporan. Pasalnya, pengerjaan proyek fisik telah mencapai 90 persen.

Kepala Bagian (Kabag) Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Baubau, Ibnu Wahid mengatakan total pagu APBD Kota Baubau 2019 sebesar Rp 950 miliar. Anggaran itu diperuntukan untuk untuk belanja langsung dan belanja tidak langsung (belanja gaji pegawai). Dari keseluruhan pemanfaatan dana tersebut terdapat beberapa item kegiatan khususunya belaja pembangunan yang belum terealisasi.

Itu diketahui dari hasil rapat bersama tim pengendali pembangunan Kota Baubau. “Laporan terakhir dari keuangan, progres realisasi keuangan sudah mencapai 80 persen. Demikian halnya dengan realisasi fisik, saat ini sudah hampir 90 persen,” kata Ibnu Wahid saat ditemui di ruang kerjanya Kamis (12/12).

Ibnu Wahid

Lanjutnya, total proyek pembangunan di Kota Baubau tahun 2019 sebanyak 1.241. Seluruhnya terbagi dalam 115 paket untuk proyek pembangunan dengan anggaran Rp 2,5 miliar keatas. Lalu 126 paket untuk proyek dengan anggaran Rp 2,5 miliar ke bawah. Kemudian 1.000 paket proyek untuk proyek pengadaan langsung dengan besaran anggaran Rp 200 juta ke bawah. “Untuk paket proyek diatas Rp 2,5 miliar yang belum selesain pengerjaanya diantaranya adalah pembangunan kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Dinas Penanaman Modal dan PTSP. Kemudian untuk proyek dibawah Rp 2,5 miliar yang sementara dikerjakan adalah proyek pembangunan drainase dan saluran air,” terangnya.

Sesuai kontrak sambungnya, seluruh proyek tersebut harus rampung tahun ini. Makanya, pengerjaanya harus dikebut agar segera tuntas dan tidak menyebrang tahun. “Saat ini proses pengerjaanya sementara digenjot dengan dikerja lembur. Karena anggaran dari APBD tidak boleh menyebrang tahun,” ucapnya. “Kita harapkan semua paket proyek yang dikerjakan tuntas 100 persen. Kemudian realisasi keuanganya kita targetkan sampai 95 persen. Karena dalam realisasi keuangan ada yang namanya retensi lima persen. Yaitu dana saving yang pembayaranya dilakukan setelah pemeliharaan,” tutup mantan Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Baubau itu. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy