Pengawas Madrasah Diminta Bekerja Maksimal – Kendari Pos
Metro Kendari

Pengawas Madrasah Diminta Bekerja Maksimal

KENDARIPOS.CO.ID — Pengawas madrasah diminta bekerja maksimal dan selalu bersinergi dengan lembaga pendidikan Madrasah. Mereka harus memiliki kompetensi yang lebih baik dibanding dengan guru. Untuk itu, setiap pengawas diharapkan setiap saat mengupdate informasi ihwal perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan. Hal itu diungkapkan Plt Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sultra, Drs. Joko saat membuka Rapat Koordinasi Pengembangan Kepengawasan Lingkup Kanwil Kemenag Sultra di Hotel Claro Kendari. Kegiatan itu diikuti 52 peserta dari perwakilan Kemenag kabupaten/kota.

Ia mengatakan, pengawas madrasah bertugas menyusun program pengawasan di bidang akademik dan manajerial madrasah. Mantan pengawas di Kemenag Konsel itu mengatakan seorang pengawas harus bisa bersinergi dengan stakeholder yang ada. “Untuk itu, seorang pengawas madrasah memiliki tanggung jawab terutama untuk peningkatan kualitas perencanaan, proses dan hasil pendidikan. Termasuk pembelajaran pada madrasah,” bebernya.

Plt Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sultra, Drs. Joko saat membuka Rapat Koordinasi Pengembangan Kepengawasan Lingkup Kanwil Kemenag Sultra di Hotel Claro Kendari.

Katanya, menjadi pengawas bukan merupakan second option lagi, tapi harus karena panggilan hati. Menjadi seorang pengawas tidak semudah seperti masa-masa lalu. Perekrutan calon pengawas melalui tahapan panjang. Dimulai dari usulan dari calon pengawas, tes akademik tertulis, wawancara,  penyusunan dan pengujian makalah yang dilakukan oleh para asesor yang sangat berkompeten dan berpengalaman, serta mengikuti diklat kepengawasan untuk mendapatkan sertifikat kompetensi pengawas. “Seorang pengawas harus bisa bersinergi dengan stakeholder pendidikan di madrasah,” pungkasnya. (kp)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy