Pengamat : Penghapusan UN Pengaruhi Kualitas Pendidikan – Kendari Pos
Edukasi

Pengamat : Penghapusan UN Pengaruhi Kualitas Pendidikan

KENDARIPOS.CO.ID — Wacana penghapusan Ujian Nasional (UN) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI tahun 2021 mendatang, menuai pro kontra di kalangan penggiat pendidikan di Indonesia. Tak terkecuali bagi pengamat pendidikan di Sultra, Prof. Dr. Abdullah Alhadza.

Prof. Dr. Abdullah Alhadza.

Kata dia, penghapusan UN akan berpengaruh pada kualitas pendidikan di Indonesia. “Selama ini UN itu merupakan proses untuk mendapatkan pengakuan selama menjalani proses belajar mengajar disatuan pendidikan. Intinya, kalau kita mau mendapatkan pengakuan maka kita harus terlbih dahulu diuji, dan peroses untuk memperoleh pengakuan yakni dengan mengikutu UN,” ujarnya saat ditemui oleh Kendari Pos, pekan lalu.

Menurut Prof Alhadza, UN yang diterapkan di Indonesia selama ini adalah bagian dari standar nasional pendidikan, terutama pada standar penilaian. Sehingga proses ini harus tetap ada. “Sebaiknya UN jagan dihapus, lebuh baik dilakukan evaluasi terkait proses penyelenggaraan UN. Sebab, akan terasa aneh apabila seseorang ingin diakui secara nasional tapi menolak UN,” beber Mantan Rektor UMK tersebut.

Lanjut dia, apabila UN tetap ada, tentu akan memberikan banyak manfaat untuk peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia seperti, UN akan memacu sekolah-sekolah untuk bersaing guna meningkatkan kualitas pendidikan setiap sekolah, UN juga menjadi cerminan kondisi pendidikan secara nasional. Selain itu, UN akan mberikan motivasi kepada siswa untuk terus belajar agar bisa mendapatkan nilai tinggi. “Saya khawatir, apabila UN dihapuskan maka kelulusan siswa itu hanya ditentukan oleh sekolah, dan itu akan memberikan efek pada siswa untuk bersikap masa bodoh untuk terus belajar karena merasa akan tetap lulus karena tidak ada patokan atau standar pelulusan,” tambah guru besar di UMK ini.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy