Penerimaan Peserta Didik Baru 2020, Kuota Jalur Zonasi Jadi 70 Persen – Kendari Pos
Edukasi

Penerimaan Peserta Didik Baru 2020, Kuota Jalur Zonasi Jadi 70 Persen

Asrun Lio.

KENDARIPOS.CO.ID — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun akademik 2020/2021 untuk jenjang TK, SD, SMP, hingga SMA di Sulawesi Tenggara (Sultra) akan tetap menggunakan sistem zonasi. Hal ini berdasarkan Permendikbud No 44 tahun 2019 terkait PPDB. Meski demikian, tetap ada perbedaan dengan PPDB 2019 lalu yakni, terletak pada jumlah kuota jalur zonasi yang menjadi 70 persen (Sebelumnya minimal 80 persen) dan kuota jalur prestasi yang bertambah menjadi 30 persen (Sebelumnya 15 persen).

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Asrun Lio, PhD., mengatakan bahwa penetapan kuota jalur prestasi yang ditambah menjadi salah satu upaya pemerintah, untuk mendorong para siswa untuk berprestasi agar nantinya bisa memasuki sekolah yang diinginkannya. “Penambahan kuota pada jalur prestasi ini tentu akan menambah semangat belajar para siswa, guna mendapatkan nilai yang tinggi, baik itu pada bidang akademik maupun nonakademik,” ujarnya pada Kendari Pos, Senin (23/12).

Kebijakan baru PPDB 2020 ini akan lebih fleksibel untuk mengakomodasi ketimpangan akses dan kualitas di berbagai daerah, sehingga kiota jalur zonasi yang 70 persen terbagi menjadi tiga kriteria yakni, jalur zonasi 50 persen, jalur afirmasi 15 persen, dan jalur perpindahan 5 persen. “Jalur afirmasi ini diperuntukkan untuk calon peserta didik yang memiliki kartu Indonesia pintar,” katanya.

Diakui Asrul Lio bahwa penetapan zonasi dalam PPDB di Indonesia, khususnya Sultra menjadi salah satu upaya guna memberikan akses dan keadilan terhadap pendidikan bagi semua kalangan masyarakat. Pasalnya, setiap anak itu memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan, tidak boleh ada diskriminasi maupun hak eksklusif. Karena semua anak punya hak yang sama,” imbuhnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy