Pendidikan Mau Dibawa Kemana? Oleh : Prof. Hanna – Kendari Pos
Kolom

Pendidikan Mau Dibawa Kemana? Oleh : Prof. Hanna

KENDARIPOS.CO.ID — Masalah mutu pendidikan masih menjadi isu karena permasalahan yang sangat komplek, dan tidak bisa dilepaskan antara satu poin masalah dengan poin masalah lainnya. Misalnya, saja mutu pendidikan yang berupa hasil belajar dari Ujian Nasional (UN). Saat ini UN dijadikan salah satu alat ukur dan pemetaan mutu pendidikan di Indonesia. Dari evaluasi hasil UN itu, pemerintah mengambil kebijakan untuk meningkatkan mutu hasil belajar peserta didik. Kesimpulannya, hasil belajar bermutu hanya bisa dicapai melalui proses belajar bermutu pula.

Dalam perjalanan saya dari Jakarta menuju Kendari beberapa hari lalu, seseorang disamping kursi saya bertanya tentang arah pendidikan kita mau dibawah kemana? Sebuah pertanyaan yang agak sulit saya jawab karena saya bukanlah seorang penentu kebijkan, bukan juga seorang nahkoda pendidikan di daerah ini. Dia bertanya tentang beberapa kebijakan pemerintah yang rencananya akan menghapus UN, lalu diganti dengan apa, atau hanya mengubah nama ? Saya juga tidak tahu. Demikian juga istilah yang banyak dibicarakan masyarakat bahwa “menghafal itu tidak penting” atau “orang bodoh bisanya menghapal, orang pintar cukup paham”.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy