Pendaftar Penyuluh Non-PNS di Kolut Jalani Tes Tertulis

Kepala Kantor Kemenag Kolut, H. Baharuddin mengatakan seluruh peserta telah menjalani tes. Yang diawali tertulis dan tes wawancara. Sesuai jadwal, hasil tesnya akan diumumkan tanggal 16 Desember mendatang. “Tesnya hanya sehari. Jika tidak ada aral, proses verifikasi tuntas tanggal 13 Desember. Insya Allah, tanggal 16 Desember sudah bisa ketahuan siapa yang lolos seleksi,” katanya, Selasa (10/12).

Kursi penyuluh agama sambungnya, disiapkan 98 kuota. Jumlah itu sebenarnya belum ideal untuk kebutuhan Kolut. Hanya saja, adanya keterbatasan anggaran. Makanya, kuotanya harus disesuaikan dengan porsi dan kesediaan anggaran. “Setiap kecamatan minimal harus memiliki delapan penyuluh. Untuk itulah, saya memiliki harapan masih ada pengangkatan tahun depan,” ujarnya.

Meski tes sehari namun peserta dihadapkan dengan wawasan keilmuan dari sejumlah materi dalam tes semisal kompotensi di bidang agama meliputi regulasi menyangkut pernikahan, zakat, wakaf, hukum fiqih. Di luar dari itu, mereka juga disuguhi materi empat pilar wawasan kebangsaan, pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 45. “Proses tes tuntas dan peserta tinggal menunggu hasil pengumuman saja bulan ini apakah lulus atau tidak,” pungkasnya. (c/rus)

Facebooktwittermail

Laman: 1 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.