Pencalonan Kepala Daerah Terlalu Sentralistik – Kendari Pos
Politik

Pencalonan Kepala Daerah Terlalu Sentralistik

Muh. Najib Husain

KENDARIPOS.CO.ID — Dominasi Partai Politik (Parpol) pada tingkat pusat dalam penentuan calon yang akan diusung dalam kontestasi politik masih sangat kental. Fenomena Parpol mengusung nonkader dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) atau kader dadakan dalam pemilihan legislatif (Pileg) semakin memperjelas bahwa pengambilan keputusan pencalonan terlampau sentralistik. Hal ini juga menandakan proses kaderisasi belum berjalan baik. Padahal, Parpol mestinya bisa mengakomodasi kehendak kader-kader di daerah.


“Seluruh komponen Parpol mulai dari tingkat atas hingga paling bawah harus dilibatkan dalam kontestasi agar mesin politik berjalan sebagaimana mestinya. Terkadang pengurus daerah mendukung figur A, namun partai justru merekomendasikan calon lain. Ini bukti kalau kaderisasi itu belum berhasil,” ujar Pengamat Komunikasi Politik Sulawesi Tenggara (Sultra), Muh. Najib Husain saat dihubungi, kemarin.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy