Pemkab Muna Terima 79 Transmigran Baru – Kendari Pos
Muna

Pemkab Muna Terima 79 Transmigran Baru

Pj. Sekda Muna, Ali Basa (kanan, pegang mike) saat menyambut transmigran asal Jawa Timur (Jatim) di UPT Raimuna Kecamatan Maligano kemarin. Kawasan transmigrasi ini juga diperuntukan untuk transmigran lokal.

KENDARIPOS.CO.ID — Kawasan transmigrasi Raimuna diproyeksikan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Muna. Unit Permukiman Transmigrasi (UPT) rujukan nasional itu memiliki 210 hektar lahan produktif dengan 180 kepala keluarga penduduk pindahan. Potensi tersebut menjadi sumber daya baru dalam mendorong peningkatan sektor pertanian.

UPT Raimuna baru saja menerima penempatan warga transmigran baru. Sebanyak 79 jiwa dari 29 kepala keluarga yang berasal dari Jawa Timur (Jatim) resmi diterima Pemkab Muna. Warga transmigran tersebut merupakan penempatan gelombang kedua tahun ini yang akan menempati 140 unit rumah. Gelombang pertama sebanyak 32 KK asal Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Tengah (Jateng) telah datang lebih dulu pada Oktober lalu.

“Kami harap kedatangan warga kami dapat diterima dengan baik dan juga bisa berkontribusi kepada daerah Muna,” kata Kepala Bidang Transmigrasi, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim, Achmad Zaifoer saat mengawal warga Trans asal sembilan kabupaten di Jatim.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muna, Fajaruddin Wunanto menerangkan, UPT Raimuna tahun ini menerima 140 warga transmigran baru dengan komposisi 70 warga pendatang dan 70 warga lokal. Sehingga keseluruhan jumlah transmigran Raimuna mencapai 180 KK. Tahun 2020 mendatang, Pemkab kembali akan menerima 100 KK tambahan. “Karena Raimuna itu jadi rujukan nasional, makanya dijadikan pilot project pengembangan kawasan,” jelasnya.

Penduduk transmigran Raimuna mendapat keistimewaan dengan fasilitas rumah permanen. Pada tahun pertama juga warga diberi jaminan jatah hidup berupa beras dan non beras. Sementara untuk fasilitas bertahan hidup, setiap KK diberi 1,5 hektar lahan pertanian produktif. “Dengan lahan itu mereka harus olah untuk menunjang hidup. Kalau serius, mereka bisa sejahtera dengan pertanian,” sambungnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy