Parade Munas: Dari Megawati yang Abadi Hingga Bamsoet Undur Diri – Kendari Pos
Nasional

Parade Munas: Dari Megawati yang Abadi Hingga Bamsoet Undur Diri

Megawati Soekarnoputri

KENDARIPOS.CO.ID — 2019 menjadi tahun politik bagi bangsa Indonesia. Tak hanya ada pilpres dan pemilihan legislatif, tapi juga munas dan kongres sejumlah parpol. Salah satu tujuannya untuk mengganti ketum partai. Di antaranya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Pada 8 Agustus 2019 kemarin, sempat menggelar Kongres V PDIP di Bali. Saat itu Megawati Soekarnoputri dipilih kembali untuk memimpin partai banteng moncong putih.

Pengukuhan berjalan mulus melalui aklamasi peserta kongres dari 514 DPC dan 34 DPD se-Indonesia. Bertempat di Grand Inna Bali Beach Hotel, Sanur, Bali, Megawati membacakan sumpah janji jabatan secara tertutup.

Otomatis, Megawati menjadi ketua umum partai terlama di Indonesia. Presiden ke-5 RI itu memimpin PDIP sejak partai tersebut masih bernama PDI tahun 1996. Setelah reformasi, dia terpilih lima kali berturut-turut. Yaitu, kongres I PDIP pada 1999, Kongres II 2005, Kongres III 2010, Kongres IV 2015, dan Kongres V 2019 ini.

Kemudian, ada Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar. Di hajatan akbar itu ada sembilan nama yang ingin menjadi ketua umum partai berlambang pohon beringin ini. Mereka adalah ?Bambang Soesatyo (Bamsoet), Airlangga Hartarto, Agun Gunandjar Sudarsa, Ridwan Hisjam, Indra Bambang Utoyo, Ahmad Anama, Maris Mandji, Derek Loupatty, dan Mohamad Ali Yahya??.

Namun pada 3 Desember 2019, tiba-tiba Bam?soet mengundurkan diri dari pencalonan ketua umum Partai Golkat. Ketua MPR itu menyatakan, mundur ?usai bertemu dengan politikus Golkar Luhut Binsar Pandjaitan, Aburizal Bakrie (Ical) dan Ketua Umum Golkar petahana Airlangga Hartarto.

“Dengan semangat rekonsiliasi yang telah kita sepakati bersama, maka demi menjaga soliditas dan menjaga keutuhan Partai Golkar, maka saya sore hari ini menyatakan tidak meneruskan pencalonan saya sebagai kandidat Ketum Partai Golkar 2019-2024,” katanya dalam jumpa pers di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Selasa (3/12).

Bamsoet mengatakan, pengunduran dirinya ini setelah mendengarkan nasihat dan pendapat dari para seniornya di Partai Golkar, Luhut Binsar Pandjaitan dan Ical. Termasuk juga Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy