OJK Sultra Belum Terima Aduan Nasabah Jiwasraya – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

OJK Sultra Belum Terima Aduan Nasabah Jiwasraya

KENDARIPOS.CO.ID — Masalah keuangan yang dialami perusahaan BUMN Jiwasraya menjadi perhatian publik sepekan ini. Perusahaan asuransi pelat merah itu dikabarkan tidak mampu membayar polis nasabah senilai Rp.12,4 triliun yang jatuh tempo Oktober-Desember tahun ini. Sejauh ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) belum mendapatkan atau menerima laporan (aduan) dari nasabah Jiwasraya per 22 Desember kemarin. “Di Sultra belum ada laporan,” ujar Mohammad Fredly Nasution, Kepala OJK Perwakilan Sultra.

Jika pun nantinya ada laporan yang masuk kata Fredly, pihaknya akan mendata kemudian diserahkan kepusat untuk diselesaikan. “Ini masalah nasional (pusat) jadi penyelesaiannnya disana. Dari sisi OJK, kami lebih menyerukan terhadap upaya penyehatan lembaga supaya menjaga rasa kepercayan masyarakat terhadap perusaahaan-perusahaan BUMN,” kata Fredly. Atas kasus asuransi Jiwasraya serta semakin maraknya kejahatan diindustri jasa keuangan seperti fintect peer-to-peer lending ilegal dan investasi bodong, Fredly tak henti-hentinya mengimbau masyarakat agar semakin berhati-hati dalam mengelola keuangannya.

Mohammad Fredly Nasution

Ia menyarankan masyarakat tetap berpegang pada prinsip 2L (Legal dan Logis). Legal maksudnya, masyarakat agar selalu memastikan pihak yang menawarkan asuransi, investasi atau pinjaman tersebut memiliki perizinan dari OJK dan sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan. “Pastikan dia benar-benar tercatat dan memiliki izin dari kami. Caranya mudah, masyarakat bisa menghubungi call center kami di 157,” kata Fredly.

Sedangkan prinsip Logis, maksudnya adalah agar masyarakat tidak boleh tergiur dengan iming-iming mendapatkan pembayaran polis asuransi yang besar atau pinjaman yang besar dengan bunga ringan pada usaha fintech peer to peer lebding. “Bisa saja itu hanya akal-akalan oknum yang tidak bertanggungjawab untuk memperdayai nasabahnya. Itu tidak kami benarkan. Jika ada masyarakat yang merasa dirugikan atau curiga dengan aktivitas industri jasa keuangan dan pnjaman online (Pinjol), bisa langsung segera menghubugi kami. Baik melalui 157 maupun lewat surat, email, faksimili, hingga media sosial, WhatsApp dan mobile application,” tutup Fredly. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy