Nilai Perdagangan Antar Pulau Capai Rp 333,6 Miliar – Kendari Pos
Kolaka Utara

Nilai Perdagangan Antar Pulau Capai Rp 333,6 Miliar

Kasi Pengendalian Arus Barang dan Jasa Dinas Perdagangan Kolut, Syainal ST (kemeja biru) mengecek kualits cengkih kering yang ditampung di perusahaan pengumpul.

KENDARIPOS.CO.ID — Meski sejumlah harga komoditas di Kolaka Utara (Kolut) anjlok, namun aktivitas perdagangan antar pulau masih terbilang lancar. Berdasarkan data Dinas Perdagangan setempat, nilainya mencapai Rp 333,6 miliar. Jumlah ini belum termasuk nilai transaksi di periode bulan Desember 2019

Kasi Pengendalian Arus Barang dan Jasa Dinas Perdagangan Kolut, Syainal ST mengatakan nilai transaksi perdagangan didominasi komoditas di sektor perkebunan seperti cengkih, kakao dan lada yang mencapai Rp 279,4 miliar disusul industri lainnya senilai Rp 25,5 miliar. Nilai perdagangan untuk komoditas pertanian dan perikanan terbilang tinggi. Hingga November, pertanian mencapai angka Rp 14,82 miliar dan perikanan Rp 12,9 miliar.

“Ada beberapa komoditas penyumbang nilai perdagangan. Selain komoditas pertanian, perkebunan, perikanan dan industri lainnya, komoditas kehutanan juga turut memberi sumbangsih. Hanya saja, nilainya terbilang kecil dibanding empat komoditas lainnya. Sampai kini, angkanya baru sekitar Rp 851 juta,” rincinya, Kamis (26/12).

Di sektor pertanian sambungnya, nilai transaksi terbesar disumbang komoditas jagung. Di perkebunan cengkih dan lada. Kakao hanya mendominasi di periode April-Juni utamanya di musim panen. Yang menarik, nilai pedagangan tetap tinggi kendati harga komoditas ini anjlok di pasaran.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy