Mulai Tahun 2020, USBN Berganti Menjadi Evaluasi Akhir Belajar – Kendari Pos
Edukasi

Mulai Tahun 2020, USBN Berganti Menjadi Evaluasi Akhir Belajar

Muchdar Alimin

KENDARIPOS.CO.ID — Tahun Ajaran (TA) 2019/2020 ini, Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) tingkat Sekolah Dasar (SD) mulai tahun sudah tidak dilaksanakan. Pemerintah menggantinya dengan evaluasi akhir belajar sehingga tidak ada lagi intervensi oleh Pemerintah Pusat di daerah dalam pembuatan soal.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pendidikan Dasar (Dikdad) Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kendari, Muchdar Alimin mengatakan, dengan ditiadakannya USBN di tingkat dasar. Artinya, seluruh pembuatan soal diserahkan kepada daerah sepenuhnya di sekolah masing-masing.

Sebelumnya, sambungnya, ada intervensi dari pusat sebesar 25 persen (pembuatan soal) dan 75 persen di daerah. Sekarang ini, diserahkan semuanya ke daerah untuk mengelola soal sekolah dasar. Ia menjelaskan, dengan sistem seperti ini maka daerah bebas berekspresi. Sehingga, apabila ada sekolah yang tidak dapat berekspresi dan berinovasi dalam meningkatkan mutu pendidikan, maka dia akan ketinggalan.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy