Mikaila, Balita 1 Tahun Terkena Tumpahan Air Panas, Butuh Biaya Operasi Berkali-kali – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Mikaila, Balita 1 Tahun Terkena Tumpahan Air Panas, Butuh Biaya Operasi Berkali-kali

KENDARIPOS.CO.ID — Musibah bisa datang kapan saja dan menimpa siapa saja. Tak mengenal usia. Mikaila adalah salah satunya. Sebagian besar tubuh balita berusia satu tahun ini melepuh akibat tumpahan air panas. Orang dewasa pun sulit melewati detik demi detik perihnya. Kamis (12/12), Kendari Pos melihat dari dekat kondisi Mikaila di RS Bahteramas.

Rahma Safitri Haslim, Kendari

Di salah satu sudut ruang perawatan RS Bahteramas, La Meli (39), sang ayah terus memeluk buah hatinya. Sesekali ia mengajak Mikaila bicara. Sepertinya La Meli hendak melipur lara dan sakit sang putri, meski sejenak. Di ruang itu, Mikaila tak lagi ceria. Ruang geraknya terbatas. Keceriaannya terenggut rasa sakit yang mendera. Balita yang dikenal aktif itu, kini harus berkawan akrab dengan perban yang
membalut tubuh mungilnya sejak tumpahan air panas menimpanya. Untuk sementara ia tak bisa lagi bermain dengan dua kakaknya di kampungnya, di Kabupaten Muna.

Di sudut lain, ibu Mikaila, Uliana (35) lebih banyak diam. Ia dirundung penyesalan mendalam karena Mikaila lepas dari pengawasannya, Sabtu (7/12) pagi lalu. Pagi itu, Uliana sedang menanak nasi di rice cooker. Dalam wadah itu, Uliana memasukkan air dan beras. Melihat rice cooker yang ditinggal ibunya, Mikaila mencoba meraihnya. Sayangnya, rice cooker yang diletakkan di atas sebuah kursi jatuh menimpah tubuh Mikaila. Air dan nasi panas yang hampir matang menyiram sekujur tubuhnya. Semua sudah terjadi.

La Meli dan Uliana sedang berjuang demi kesembuhan dan mengembalikan keceriaan sang putri. Pasangan suami istri itu mengaku tak bisa berbuat banyak. Himpitan ekonomi membuat keduanya hanya pasrah kepada sang khalik. Untuk mendapat kesembuhan, Mikaila harus menjalani operasi berkali-kali. “Saya hanya ibu rumah tangga. Suami bekerja sebagai nelayan. Bagaimana bisa membiayai operasi anak kami. Ditambah lagi bapaknya tidak pernah melaut selama Mikaila dirawat,”tutur Uliana, Kamis (12/12).

Lara Uliana luluh dengan pelayanan pihak RS Bahteramas. Sejak awal anaknya di rujuk ke RS Bahteramas, sejak Sabtu malam (7/12). Bahkan kemarin sudah dilakukan operasi tahap pertama. “Alhamdulillah, kami dilayani dengan baik disini. Tapi kami juga masih bingung bagaimana nanti untuk operasi-operasi selanjutnya. Kemarin baru operasi pertama, tapi belum tampak perubahan untuk luka bakarnya. Karena kata dokter, luka seperi ini perlu operasi berkali-kali, tapi kami juga belum diberi tahu sampai berapa kali pastinya,”terangnya sembari meneteskan air mata.

Mikaila digendong ayahnya.

Sementara itu, Humas RS Bahteramas, Masita mengatakan, saat ini pasien sudah masuk rawat inap. Pelayanan sudah dilakukan sesuai diagnosa penyakit pasien. Tetapi sejak awal di rujuk dari Kabupaten Muna, orang tua Mikaila sudah membawa surat keterangan tidak mampu yang diperkuat oleh lurah setempat. Karena ini sifatnya darurat, pihak RS langsung mengambil langkah dan memberikan pelayanan dari program Sultra Sehat. “Sejak awal kita sudah langsung alihkan pembiayaan pasien di Sultra Sehat. Saya juga sedang berkoordinasi di Raha terkait pasien, tetapi sampai saat ini belum ada konfirmasi, “ungkap Masita kepada Kendari Pos.

Terkait total biaya dan operasi berulang yang akan dijalani Mikaila, Masita mengaku tidak dapat berkomentar banyak. Sebab itu sudah menyangkut persoalan teknis. “Yang jelas kita sudah layani sesuai prosedur RS. Untuk biayanya, akan diketahui setelah pasien pulang. Jadi saat ini kita belum dapat prediksi. Sebab kita tidak tahu seperti apa kondisinya nanti, yang tahu itu hanya dokternya. Tapi kalau operasi seperti ini memang butuh biaya besar,”terang Masita.

Bahkan saat ini, dengan melihat kondisi pasien pihak RS juga menyarankan agar pasien membuat kartu BPJS mandiri. “Ke depan kita juga arahkan orang tua pasien agar pakai BPJS mandiri, nanti dilihat apakah dia sudah daftar atau belum. Tetapi selagi BPJS-nya belum terdaftar dan belum mengurus tetap akan dibiayai Sultra Sehat,”pungkasnya. (b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy