Menhub Ancam Tindak Tegas Operator Bus yang Lalai – Kendari Pos
Nasional

Menhub Ancam Tindak Tegas Operator Bus yang Lalai

Budi Karya Sumadi

KENDARIPOS.CO.ID — Jelang arus mudik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), seluruh armada transportasi dalam keadaan prima. Termasuk para awaknya. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengancam bagi operator bus yang lalai atau tidak melakukan ramp check (inspeksi keselamatan) kendaraan yang dioperasionalkan. Menhub akan melakukan tindakan tegas dan menyeretnya ke ranah hukum.

“Masih ditemui ada operator bus yang tidak rutin melakukan ramp check, sehingga masih ditemui ada bus yang tidak laik jalan,” kata usai meninjau Posko Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Jakarta, kemarin.

Menhub menjelaskan, pihaknya akan melakukan pengawasan ketat terhadap beberapa operator bus pariwisata yang dinilai seringkali mengabaikan ramp check, seperti rem, lampu, serta perlengkapan adminsitrasi. “Kami mengimbau kepada operator bus pariwisata untuk rutin melakukan ramp check. Kalau bus angkutan antarkota biasanya sudah rutin dilakukan inspeksi,” katanya.

Masyarakat yang ingin menyewa atau menumpang bus pariwisata atau bus antarkota berhak menolak bus yang tidak memenuhi persyaratan keselamatan.“Bus yang sudah lulus ramp check kita tempelkan stiker biru bundar di kaca depan kiri bawah,” jelasnya.

Di lokasi yang sama, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengakui masih banyak operator bus pariwisata yang mengabaikan inspeksi keselamatan. Bahkan tetap memaksa supir untuk menjalankan bus walau ada kerusakan.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy