Mendikbud: Penggantian UN Mulai Tahap Uji – Kendari Pos
Nasional

Mendikbud: Penggantian UN Mulai Tahap Uji

Mendikbud RI

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menegaskan, bahwa asesmen kompetensi minimum (AKM) yang akan digunakan mulai 2021 bukan coba-coba. Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Totok Suprayitno mengatakan, asesmen ini telah dirintis sejak awal dengan melakukan serangkaian kajian untuk AKM sebelum akhirnya ditetapkan sebagai pengganti ujian nasional (UN).

Menurutnya, sejak 2015 Kemdikbud melakukan uji coba kepada peserta didik kelas 2,4,6, 8, dan 10. Para siswa dipilih secara sampling melalui asesmen kompetensi siswa Indonesia (AKSI) untuk kemampuan matematika, sains, dan membaca.

“Pengganti UN ini sudah dirintis sejak awal. Kita sudah punya embrionya dan sudah mulai dilakukan uji coba. Jadi ini bukan coba-coba,” kata Totok, kemarin.

“Apakah akan menjamin, insyaallah lebih baik. Kami punya keyakinan, AKM yang mengarahkan pada penguasaan kompetensi bernalar sesuai kaidah-kaidah pendidikan,” sambungnya.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy