Lokasi Ibu Kota Baru Berbukit-bukit, Jokowi : Arsiteknya Pasti Senang – Kendari Pos
Nasional

Lokasi Ibu Kota Baru Berbukit-bukit, Jokowi : Arsiteknya Pasti Senang


KENDARIPOS.CO.ID — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau kawasan yang dipersiapkan sebagai lokasi ibu kota negara baru, di Kalimantan Timur, Selasa (17/12). Lokasi yang ditinjau adalah kawasan konsesi hak pengusahaan hutan (HPH) PT ITCI di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU).

Selama hampir satu jam, Jokowi yang ditemani sejumlah menteri tampak mondar-mandir melihat situasi di lokasi. Di antaranya Menteri Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri LHK Siti Nurbaya.

Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri kabinet meninjau lokasi calon ibu kota negara, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Utara, Selasa

Jokowi mengaku cukup puas dengan lahan yang ada. Meskipun lahannya berbukit-bukit, dia optimistis dapat mendukung terciptanya kota yang smart city. “Kalau arsitek diberi sebuah kawasan naik turun bukit pasti akan senang. Lihat saja nanti. Desainernya pasti akan senang sekali,” ujarnya.

Jokowi menuturkan, total lahan yang tersedia 256 ribu hektare (Ha). Dari jumlah tersebut, yang dijadikan kawasan ibu kota itu sekitar 56 ribu Ha. “Yang akan dikerjakan terlebih dahulu yaitu kawasan pemerintahan. Yang nanti kita berharap juga pararel dengan pembangunan kluster kesehatan, kluster pendidikan, riset dan inovasi, financial center,” ujarnya.

Dia memastikan, pembangunan tidak akan menyasar hutan lindung. Namun, hutan konsesi. “Itu memang konsesi-konsesi HTI (hutan tanaman industri) yang sudah diberikan kepada perusahaan dan kita minta kembali karena itu adalah hak milik negara,” jelasnya.

Sementara itu, Roda Tiga Konsultan membeberkan hasil survei terkait pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Dari hasil survei itu, mayoritas responden masih tidak setuju dengan rencana pemindahan ibu kota.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy