La Bakry Komitmen Lestarikan Tradisi Lokal – Kendari Pos
Buton

La Bakry Komitmen Lestarikan Tradisi Lokal

Bupati Buton, La Bakry bersama Kapolres Buton AKBP Agung Ramos P Sinaga, pejabat daerah setempat turut berpatisipasi mengikuti ritual hambur uang di pesta adat Pikoelaliwu Takimpo Kambula-Bulana Pasarwajo, Selasa (10/12).

KENDARIPOS.CO.ID — Perhatian Bupati Buton, La Bakry terhadap pengembangan budaya dan tradisi daerah tak perlu diragukan. Bersama wakilnya, Iis Elianty, berbagai pagelaran budaya berskala nasional dan international sukses dilaksanakan. Upaya ini tak hanya sebagai promosi wisata, namun juga menanamkan budaya dan tradisi bagi generasi muda. Tak heran, La Bakry sangat mendukung tradisi lokal yang masih dipertahankan di masyarakat.

Sebagai bentuk perhatiannya, Selasa (10/12) orang nomor satu di Buton ini kembali menghadiri pesta adat Pikoelaliwu Takimpo Kambula-Bulana Pasarwajo. Tidak hanya menonton, La Bakry bersama Kapolres Buton AKBP Agung Ramos P Sinaga, pejabat daerah setempat turut berpatisipasi mengikuti ritual hambur uang.

Ketua Panitia, Amlan Wahid mengatakan uang yang dilempar ke arah anak-anak tersebut adalah bagian dari ritual pesta adat Takimpo Kambula-Bulana Pasarwajo yang berarti rasa syukur setelah prosesi Picundupia (Pemberian tanda dengan darah diatas kepala bagi anak pertama) yang telah dilaksanakan tanggal 1 Desember 2019 lalu di Pantai Wajo, Kecamatan Pasarwajo.

“Anak-anak yang dilemparkan uang ini adalah bagian dari ritual sebagai rasa syukur dan bahagia, dan ini tradisi yang sudah dilakukan sejak dulu. Nominal uang yang hambur mulai dari 500 rupiah hingga pecahan 20 ribuan,” kata Amlan disela-sela kegiatan pesta adat Pikoelaliwu Takimpo Kambula-Bulana Pasarwajo kemarin.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy