Komitmen Wujudkan Sultra Sehat 2023 – Kendari Pos
Nasional

Komitmen Wujudkan Sultra Sehat 2023

Ketua Tim Penggerak PKK Sultra Agista Ariany Bombay (tengah), Plt Kepala Dinas Kesehatan Sultra, Andi Hasnah (Lima kiri), Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Sultra Suharno (lima kanan) bersama bupati dan wali kota yang menerima penghargaan kota sehat.

KENDARIPOS.CO.ID — Kesehatan merupakan hal yang sangat penting, namun ada juga menganggap sepeleh. Dinas Kesehatan Sultra terus melakukan peningkatan pelayanan kesehatan. Tujuannya menumbuhkan kesadaran masyarakat agar melakukan pemeriksaan kesehatan, baik penyakit menular (PM) maupun penyakit tidak menular (PTM). Sehingga, upaya penanganan kesehatan sejak awal dapat dilakukan, sebagai wujud komitmen Dinas Kesehatan Sultra dalam gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) menuju Sultra sehat 2023.

Pemprov Sultra menggelar peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55, 1 Desember, di eks MTQ Square. Dibuka dengan gerakan senam massal jantung sehat yang diikuti ratusan masyarakat. Dihadiri Ketua TP PKK Sultra Agista Ariany Bombay dan Forkopimda. Momen itu digelar pemeriksaan kesehatan gratis.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Sultra, Suharno mengatakan, peringatan HKNini sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud apabila semua komponen bangsa dapat berperan dalam upaya kesehatan. Kegiatan HKN dirancang untuk merangkul masyarakat, dunia usaha, profesional, mitra, organisasi dan tokoh masyarakat.

“Diharapkan semua sektor akan semakin sadar pentingnya pembangunan kesehatan,”katanya membacakan sambutan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Daerah dituntut lebih aktif dalam upaya peningkatan kesehatan. Sebab, mereka yang langsung bertemu dengan masyarakat dan bersosialisasi aktif.

Menteri Kesehatan bangga atas capaian dalam pembangunan kesehatan. Namun, dia menyoroti isu-isu yang harus diwaspada seperti stunting, jaminan kesehatan nasional (JKN), penyediaan pelayanan dan kesehatan, harga obat hingga alat kesehatan dalam negeri. Katanya, Menkes juga mendorong dilakukannya upaya inovasi di bidang layanan kesehatan. Tujuannya untuk melakukan efisiensi tindakan-tindakan dengan terobosan-terobosan baru.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sultra, Andi Hasnah mengatakan, kesehatan harus lahir dari kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku hidup sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Peningkatan ini dilakukan dengan kesadaran masyarakat akan Germas.

Pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga. Karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian mulai dari proses pembelajaran hingga menuju kemandirian. Germas meliputi kegiatan, melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban. (rah/adv)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy