Kobarkan Semangat Bela Negara di Kampus Hijau – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Kobarkan Semangat Bela Negara di Kampus Hijau

Rektor UHO Prof. Dr. Muh. Zamrun Firihu (empat dari kanan), Ketua DWP UHO, Viska Indah Variani (tiga dari kiri), saat berfoto bersama
pejabat dilingkup UHO

KENDARIPOS.CO.ID — Semangat nasionalisme bergemuruh dalam dada 8.532 mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Halu Oleo saat lagu kebangsaaan Indonesia Raya dikumandangkan pada pembukaan pendidikan bela negara.

Jiwa nasionalisme dan semangat kebangsaan, serta cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) kian berkobar tatkala Rektor UHO, Prof.Dr. Muhammad Zamrun Firihu M.Si.,M.Sc dan Komandan Korem 143 Halu Oleo, Kolonel Inf.Yustinus Nono Yulianto tampil mengulas pentingnya pendidikan bela negara.

Prof.Muh. Zamrun mengatakan, pendidikan bela negara ini bertujuan untuk meningkatkan kecintaan para mahasiswa baru terhadap NKRI dan wawasan kebangsaan dan rasa nasionalisme. “Semangat seluruh mahasiswa dalam mengikuti pendidikan bela negara ini, menjadi bukti bahwa mahasiswa UHO cinta NKRI,” ujarnya, Minggu (15/12).

Sebagai generasi muda, mahasiswa UHO memiliki banyak kesempatan dan waktu untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara maju dan sejahtera. Untuk itu, sebagai institusi pendidikan, UHO terus berupaya menunjukkan kecintaannya pada tanah air dengan menggaungkan kepada seluruh mahasiswa tentang pentingnya arti kemerdekaan bagi suatu bangsa melalui pendidikan bela negara.

Komandan Korem 143 Halu Oleo, Kolonel Inf.Yustinus Nono Yulianto dan Rektor UHO, Prof.Dr. Muhammad Zamrun Firihu M.Si.,M.Sc

“Mahasiswa sebagai generasi muda bangsa harus menunjukkan rasa cinta tanah air dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter bela negara ini merupakan implementasi program Nawa Cita yang dilaksanakan setiap tahun dan wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa lingkup UHO,” imbuh Prof.Muh.Zamrun.

Sikap nasionalisme harus dimiliki oleh setiap warga negara, termasuk mahasiswa UHO. Sebab, dengan semangat nasionalisme yang terpatri dalam diri seluruh mahasiswa maka mereka bisa tampil menjaga dan melindungi NKRI dari berbagai ancaman dalam bentuk apapun. “Untuk menerapkan nasionalisme dan cinta tanah air, mahasiswa tidak mesti bertempur menggunakan sengaja api, namun cukup mengaplikasikan sikap nasionalisme melalui kegiatan sehari-hari,” tutur Prof.Muh.Zamrun.

Sementara itu, Komandan Korem 143 Halu Oleo Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto yang turut hadir dalam pendidikan bela negara UHO mengajak mahasiswa sebagai pemuda generasi penerus harus memiliki karakter dan integritas yang baik. “Mahasiswa UHO dituntut untuk berjiwa nasionalis dan kuat dalam pemahaman dan pengamalan Pancasila, maupun bela negara dan cinta tanah air,” ujarnya. (idh/b)

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy