Kendari akan Bangun Kawasan Industri : DPRD Masih Garap Pembentukan Perda – Kendari Pos
Metro Kendari

Kendari akan Bangun Kawasan Industri : DPRD Masih Garap Pembentukan Perda

Kondisi sentra IKM meubeler Kota Kendari yang akan menjadi pusat kawasan industri komoditas meubeler. Pemkot-DPRD masih membahas
Raperda tentang kawasan industri untuk dijadikan Perda

KENDARIPOS.CO.ID — Kawasan industri juga akan dibangun di Kota Kendari. Hanya saja belum terbentuk regulasi yang melegalkan kawasan industri hadir dan berkembang di metro ini. DPRD Kota Kendari masih menggarap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang kawasan industri agar berubah menjadi peraturan daerah (Perda).

Ketua Komisi 1 DPRD Kota Kendari, Rizky Brilian Pagala menjelaskan Kendari memiliki empat komoditas industri yang berpotensi besar, yakni industri perikanan tangkap, meubeler, makanan dan minuman serta kelapa dalam. Karena itu, pihaknya berupaya membentuk Perda, usai mendapat turunan program dari provinsi yang mendapat mandat dari Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN).

“Oktober lalu, Rencana Pembangunan Industri Kota (RPIK) sudah selesai. Kami tunggu hasil pembahasan pemkot dan menanti berkas RPIK itu. Setelah itu, kami baru bisa mengubah Raperda menjadi Perda tentang kawasan industri ini,” jelasnya pada Kendari Pos, kemarin.

Saat ini, kawasan industri mebel atau furnitur sudah memiliki kawasan industri. Bahkan fisik gedung untuk menampung kurang lebih 100 industri kecil menengah (IKM) mebel sudah berdiri di bilangan Jalan Boulevard.

“Saya pikir kuota tampung itu sudah sangat cukup untuk perkembangan IKM mebel di Kendari. Namun, kami masih mengajukan regulasi ulang, agar kawasan tersebut tidak hanya digunakan oleh mebel saja. Tapi juga menampung beberapa industri unggulan lainnya,” terangnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy