Kawal Penerapan Layanan Publik, Unsultra Dorong Mahasiswa Kritis – Kendari Pos
Edukasi

Kawal Penerapan Layanan Publik, Unsultra Dorong Mahasiswa Kritis

Rektor Unsultra Prof. Andi Bahrun (Kiri) usai memberikan cinderamata kepada Wakil ORI, Lely Peltasari Soebakty, di Aula Rektorat Unsultra, Sabtu (7/12) lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai upaya menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai daya kritis yang produktif dan konstruktif, Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) tidak henti-hentinya menggelorakan kuliah umum di lingkup kampus. Teranyar, kampus yang dikenal Santun, Elok, Kreatif, dan Sejahtera (SEKSI) ini, menghadirkan Wakil Ombudsman Republik Indonesia (ORI) sebagai pemateri yang bertajuk “Ombudsman dan Pengawasan Pelayanan Publik di Indonesia” di Aula Rektorat Unsultra, Sabtu, (7/12) lalu.

Dalam paparan materinya, Wakil ORI, Lely Pelitasari Soebakty, SP., ME., mengatakan, saat ini, mahasiswa adalah salah satu elemen yang harus ikut berperan aktif untuk meningkatkan pelayanan publik. Pasalnya, mahasiswa merupakan salah satu calon aparatur pelayanan publik dan pemimpin masa depan. “Banyak permasalahan pelayanan publik yang muncul di tengah-tengah masyarakat. Namun, karena kurangnya pengetahuan masyarakat menjadi tidak berani melaporkanya ke Ombudsman” katanya.

Untuk itu, melalui kuliah umum yang dihelat Unsultra ini, sangat membantu Ombudsman untuk memperkenalkan, serta menyosialisasikan kepada mahasiswa terkait fungsi ORI, mengingat sebagian masyarakat ada yang belum mengetahui bahkan mendengar, nama dan tugas Ombudsman saja masih terasa asing. “Mahasiswa sebagai elit kelas menengah harus siap dan mampu menjadi pemegang ekstafet ke depan, dituntut untuk memiliki kemampuan daya kritis yang ptoduktif dan konstruktif dengan cara konstitusional,” katanya.

Lely pun sangat mengapresiasi Unsultra yang memiliki mahasiswa dengan pemikiran-pemikiran kritis yang tentunya diperlukan oleh bangsa sebagai pengawal kebijakan serta pelayanan publik di Indonesia termasuk Sultra. “Sepanjang tahun 2019 ini, Ombudsman Sultra menerima pengaduan masyarakat terkait dengan proses pelayanan publik yang baru sekitar satu persen saja. Itu artinya, kasus-kasus terkait dengan pelayanan publik yang cukup banyak tadi disuarakan oleh mahasiswa belum dilaporkan ke Ombudsman. Hal ini terdapat beberapa kemungkinan, salah satunya karena dipicu ketidak tahuan masarakat terkait fungsi Ombudsman,” ujarnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy