Kasus Perdata, PN Kendari Luncurkan Aplikasi Sidang Online – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Kasus Perdata, PN Kendari Luncurkan Aplikasi Sidang Online

KENDARIPOS.CO.ID — Sidang kasus perdata akan diterapkan berbasis digital. Aplikasi bernama E-Court, akan menjadi layanan proses persidangan kasus perdata di Pengadilan Negeri Kendari. Mahkamah Agung telah menurunkan Perma nomor 1 Tahun 2019 tentang sistem peradilan secera elektronik. E-Court ini akan mulai diterapkan awal Januari 2020 di pengadilan se Indonesia. Pengadilan Negeri Kendari meluncurkan E-Court, Rabu (11/12) malam di Hotel Horison Kendari. Dihadiri puluhan Advokat dan jajaran Forkompimda.

Ketua Pengadilan Kendari, Rudi Suparmono, menyampaikan aplikasi ini memudahkan para penggugat-tergugat untuk beracara. Selain memberikan biaya yang cukup murah. Para pihak juga tidak perlu lagi repot-repot ke pengadilan. E-Court tersebut dapat digunakan setelah para penggunanya melakukan registrasi dan mendapatkan akun. Rudi Suparmono menuturkan, awal peluncuran E-Court setelah Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Mahkamah Agung (MA). Ini sebagai penanda dimulainya implementasi sistem peradilan secara elektronik (E-Litigation).

“Peluncuran aplikasi ini merupakan implementasi Perma No. 1 Tahun 2019 sebagai perubahan Perma No.1 tahun 2009 tentang administrasi dan persidangan di Pengadilan secara elektronik,”kata Rudi Suparmono. E-Court ini sendiri untuk prosedur pendaftaran perkara secara elektronik (e-filling); pembayaran panjar biaya perkara secara elektronik (e-payment); penyampaian panggilan dan pemberitahuan persidangan secara elektronik (e-summons). “Jadi, dengan sidang online, kita mendapat biaya yang murah. Tapi, ini hanya khusus untuk perkara perdata tidak untuk perkara Pidana,”ujar Rudi Suparmono. (ade/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy