Kaleidoskop Politik 2019 : Dominasi Parpol “Senior” Belum Goyah – Kendari Pos
Politik

Kaleidoskop Politik 2019 : Dominasi Parpol “Senior” Belum Goyah

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilu 2019 diikuti 20 partai politik. Di hajatan politik lima tahunan itu, banyak partai baru yang akhirnya tumbang. Mereka tak berhasil melewati ambang batas parlemen. Salah satu partai lama pun jadi korbannya. Untuk pertama kalinya Indonesia menggelar Pemilu serentak yang digelar bebarengan dengan pilpres.

Tercatat ada 18 partai politik yang menjadi kontestan diantaranya, PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, Partai Nasdem, PKS, PPP, PAN, Hanura, Partai Demokrat, PSI, Berkarya, Garuda, Perindo, PBB, dan PKPI. Sempat, PBB dan PKPI masih belum masuk menjadi peserta Pemilu 2019?. Karena KPU menyatakan dua partai politik tidak memenuhi syarat verifikasi faktual sehingga PBB dan PKPI dinyatakan tidak lolos.

Suasana pemungutan suara saat pemilu serentak beberapa waktu lalu.

Namun, akhirnya PBB dan PKPI menggugat keputusan KPU tersebut ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Akhirnya setelah melalui proses yang panjang, akhirnya PBB dan PKPI dinyatakan sebagai partai peserta Pemilu. Dalam sidang ajudikasi yang digelar, Bawaslu memenangkan gugatan PBB dan meminta agar KPU segera menetapkan PBB sebagai peserta Pemilu 2019.

Keputusan Bawaslu itu kemudian diterima KPU. Sehingga, KPU akhirnya menetapkan PBB sebagai partai peserta Pemilu 2019. Dalam penetapan tersebut, PBB mendapatkan nomor urut 19. Sementara, KPU telah menetapkan hasil perolehan suara partai politik di Pemilu 2019 pasca sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK). Hasilnya PDIP mendapatkan perolehan suara tertinggi.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy