Sementara itu, harga daging sapi murni Rp 120.000 per kg sedangkan ayam kampung dan ayam broiler masing-masing dipatok dengan harga Rp 32.000 dan Rp 70.000 per kg. Harga ikan sunu Rp 100.000, bandeng Rp 23.000, dan teri kw.1 Rp 127.000 per kg. Harga sayur mayur masih terbilang mahal. Per ikat bayam dan sayuran lainnya dihargai Rp 5.000.

“Rata-rata harga bahan pokok memang lebih mahal menjelang akhir tahun, tapi masih sangat terkendali. Pasokan kita juga masih cukup sehingga tidak ada potensi lonjakan harga di awal tahun. Harga akan stabil kalau tidak ada lonjakan permintaan dan distribusi barang lancar,” bebernya.

Guna memastikan harga dan pasokan terkendali, kata dia, Disperindag Sultra akan terus melakukan monitoring dan pengawasan terhadap pedagang untuk mengantisipasi penimbunan bahan pokok (bapok). Harga barang kebutuhan pokok dan ketersediaan stok di beberapa pasar rakyat juga dipantau setiap hari. Dalam melaksanakan tugasnya, Disperindag Sultra selalu berkoordinasi dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sultra dan Satgas Pangan.

“Harapannya, harga-harga sembako di pasar bisa terjangkau oleh seluruh masyarakat,” pungkasnya. (uli/b)

Laman: 1 2