Jelang Akhir Tahun, Nilai Tukar Rupiah Menguat – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Jelang Akhir Tahun, Nilai Tukar Rupiah Menguat

Teller sedang melakukan pelayanan perbankan terhadap nasabah di BRI cabang Samratulangi, Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Menjelang pergantian tahun 2019, nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) cenderung menguat. Kemarin (26/12) pukul 12.00 Wita, US$ 1 setara Rp 13.982 di pasar spot. Dibandingkan dengan awal bulan ini, nilai tukar berada di Rp 14.122, dalam sepekan terakhir posisi Rupiah relatif menguat.

“Penguatannya 40 poin. Selama beberapa hari ke depan kemungkinan tidak banyak bergeser dan masih akan berada di kisaran Rp 14.000. Tahun ini rupiah lebih baik dari tahun lalu. Pada 26 Desember 2018, satu dolar dibanderol dengan Rp 14.602, yang berarti tahun ini terjadi penguatan 620 poin,” terang Humas KPw BI Sultra, Dedi Prasetyo, kemarin (26/12).

Ia menjelaskan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi fluktuasi nilai tukar rupiah. Faktor eksternal sejauh ini masih didominasi isu perang dagang Amerika-Tiongkok yang berdampak pada perlambatan ekonomi dunia. Jika perang dagang dibiarkan terus menerus, aktivitas perdagangan antarnegara akan terganggu termasuk Indonesia. Selanjutnya akan mempengaruhi suplai dan likuiditas di pasar keuangan.

Situasi politik Amerika Serikat terutama isu pemakzulan Presiden AS Donal Trump juga dinilai sebagai salah satu faktor yang berpengaruh terhadap pasar keuangan global jangka pendek meski tidak signifikan. “Jika ada kepastian impeachment (pemakzulan) terhadap Trump mungkin akan mempengaruhi perekonomian dalam negeri. Karena pergantian presiden biasanya diikuti perubahan kebijakan ekonomi. Khususnya masalah perang dagang dengan Tiongkok,” bebernya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy