Isu Pemekaran Jadi “Jualan” di Pilbup Muna – Kendari Pos
Politik

Isu Pemekaran Jadi “Jualan” di Pilbup Muna

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pemekaran wilayah masih menjadi isu menarik dalam kontestasi Pemilihan Bupati (Pilbup) di Muna pada tahun 2020 mendatang. Sejumlah bakal calon menegaskan komitmennya untuk memerjuangkan pembentukan calon daerah otonom baru, Kabupaten Muna Timur dan Kota Raha. Isu itu kerap dilontarkan untuk menarik simpati masyarakat.

Mantan Bupati Muna LM. Baharuddin yang akan kembali bertarung di Pilbup nanti menyebut program utamanya adalah memekarkan wilayah Kota Raha. Menurutnya, pemekaran tersebut sudah diperjuangkan sejak memimpin Muna periode 2010-2015 lalu kendati pemerintah pusat hanya menyetujui terbentuknya Kabupaten Muna Barat.

“Kabupaten Muna akan kita pindahkan ke Tongkuno dengan pusat pemerintahannya di Wakuru,” jelasnya. Mantan politikus PAN itu menyiapkan program pembenahan infrastruktur wilayah calon ibu kota Muna yang baru. Salah satunya pelebaran jalan poros Mantobua-Wakuru yang melintasi kampung lama. Infrastruktur itu akan menjadi akses utama yang menghubungkan kedua wilayah administratif Kota Raha dan Muna. “Kita sudah harus menyiapkannya dari sekarang karena pemekaran itu tinggal menunggu pencabutan moratorium,” paparnya.

Isu pemekaran wilayah juga menjadi komitmen yang ditawarkan LM Rajiun Tumada saat menyambangi wilayah Kecamatan Wakorumba Selatan di Muna Timur. Ia menilai pemekaran harus segera terwujud agar pembangunan daerah bisa merata hingga pinggiran. Apalagi, Muna Timur sudah memiliki sumber daya manusia yang siap mengelola daerah otonom baru secara mandiri. “Muna Timur sudah menjadi mimpi masyarakat sejak lama. Saya komitmen akan berjuang sampai mekar,” jelas Bupati Muna Barat tersebut. Petahana LM. Rusman Emba juga tidak luput dari upaya memekarkan otoritanya menjadi tiga wilayah administrasi. Namun menurutnya, komitmen itu bukan lagi sebatas wacana baginya melainkan sudah dilaksanakan dalam bentuk program pembangunan.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy