Intermediasi Perbankan Dorong Perekonomian Sultra Membaik – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Intermediasi Perbankan Dorong Perekonomian Sultra Membaik

Deputi Direktur Bank Indonesia Perwakilan Sultra, Suharman Tabrani (kedua dari kiri) menyerahkan penghargaan kepada Plt Direktur Kepatuhan Bank Sultra, Arfianus (kedua dari kanan) karena kontribusinya dalam mendukung Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

KENDARIPOS.CO.ID — Kondisi perekonomian suatu wilayah rupanya tidak hanya diukur dari sektor pembangunan saja. Melainkan juga bisa diukur dari fungsi intermediasi perbankan serta sistem perbankan yang ada di wilayah itu. Deputi Direktur Bank Indonesia Perwakilan Sultra, Suharman Tabrani mengungkapkan, meski Sultra tengah dalam situasi perlambatan ekonomi saat ini, fungsi intermediasi perbankannya masih tercatat positif. Saat kegiatan penghimpunan dana oleh perbankan hingga Oktober2019 terpantau mengalami pertumbuhan yang tinggi, yaitu sebesar 18,2 persen (yoy) lebih tinggi jika dibandingkan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) 2018 yang tercatat sebesar 12,7 persen (yoy).

Adapun penyaluran kredit oleh perbankan, lanjut Suharman, tumbuh sebesar 12,4 persen (yoy), lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan kredit 2018 yang tercatat sebesar 8,5 persen (yoy). “Peningkatan penyaluran kredit tersebut juga didukung dengan terjaganya kualitas kredit dimana nonperforming loan secara gross hanya sebesar 2,4 persen,” ungkapnya, dalam Pertemuan Tahunan BI Perwakilan Sultra beberapa waktu yang lalu.

Dibidang Sistem Pembayaran lanjut Suharman, BI Sultra terus mendorong penggunaan transaksi nontunai dalam transaksi keuangan di masyarakat. Beberapa upaya telah ditempuh melalui program elektronifikasi dan edukasi kepada masyarakat Sultra. Ia mencontohkan, program elektronifikasi transaksi keuangan telah diterapkan dalam penyaluran program bantuan sosial (bansos) dari pemerintah bekerjasama dengan Himpunan Bank Rakyat (HIMBARA) untuk Program Keluarga Harapan dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Sultra. Ke depan, pihaknya siap untuk bersinergi dengan pemerintah daerah (pemda) dan instansi lain dalam upaya mendorong elektronifikasi transaksi pemda baik pada sisi pengelolaan belanja daerah maupun penerimaan daerah. “Dalam menjalankan peran sebagai fasilitator dan regulator sistem pembayaran, kami menyelenggarakan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) dan Real-Time Gross Settlement (RTGS) untuk melayani settlement dana melalui perbankan,” jelasnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy