IAIN Kendari Siap Bangun Lembaga Pemeriksa Halal – Kendari Pos
Edukasi

IAIN Kendari Siap Bangun Lembaga Pemeriksa Halal

KENDARIPOS.CO.ID — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, kembali menambah mitra dengan menjalin kerjasama dengan salah satu Lembaga Halal Science Tersertifikasi ISO 17025 di Malaysia, Global Haltech. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd dan Noramin Bin Mohd Noor, Chairman Global Hatech Sdn Bhd di Kantor Global Haltech, Kuala Lumpur, pekan lalu.

Rektor IAIN Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd (lima dari kanan) dengan Noramin Bin Mohd Noor, Chairman Global Hatech (tiga dari kiri) melakukan foto bersama usai menandatangani kontrak kerja sama yang berlangsung di Kantor Global Health, Malaysia pada waktu lalu.

Dijelaskan Prof. Faizah, kerja sama ini sangat terkait dengan rencana pendirian Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) yang tengah digagas IAIN Kendari. Untuk mendirikan LPH IAIN Kendari harus memenuhi beberapa persyaratan antara lain memiliki kantor dan kelengkapan labotarium, memperoleh akreditasi dari BPJPH, memiliki auditor halal paling sedikit tiga orang, dan membangun kerjasama dengan Lembaga Pemeriksa Halal lainnya.

“Kita sedang mempersiapkan fasilitas kantor dan kelengkapannya seperti dari SDM auditor halal dan laboratorium. Target kita persyaratan pendirian LPH dapat terpenuhi dalam waktu dekat sehingga bisa segera beroperasi melayani penerbitan rekomendasi produk halal yang kemudian akan diteruskan kepada BPJPH untuk penerbitan sertifikat kehalalan sebuah produk,” beber pengganti Dr, Nur Alim itu, Jumat (6/12)

Sambungnya, pendirian LPH sebagai perpanjangan tangan dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama adalah sebuah keharusan. Urgensi pendirian LPH di setiap provinsi ini berkaitan dengan implementasi Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal yang mulai berlaku pada tanggal 17 Oktober 2019. “Untuk itu, LPH ini penting keberadaanya di IAIN Kendari sebagai institusi keagamaan terbesar yang ada di Sultra,” ujarnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy