Honor Pasukan Kuning di Pemkab Konawe Segera Dibayarkan – Kendari Pos
Konawe

Honor Pasukan Kuning di Pemkab Konawe Segera Dibayarkan

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Para petugas kebersihan serta penyapu jalan di Konawe kini bisa bernapas lega. Tunggakan honorarium selama empat bulan bakal segera dibayarkan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) telah mentransfer upah pasukan kuning yang terdata di kecamatan Unaaha, Wawotobi dan Anggaberi.

Kepala BPKAD Konawe, Santoso mengatakan dana untuk membayar honor pasukan kuning telah dikirim ke rekening tiga kecamatan tersebut pada pekan lalu. Hal itu dilakukan, katanya, sebab pengangkatan petugas kebersihan menjadi domain kecamatan dan tidak melekat di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Konawe. Hanya saja, Santoso mengaku, dirinya tidak tahu persis berapa total anggaran yang diporsikan untuk membayar honor pasukan kuning di Konawe.

“Honornya (petugas kebersihan, red) kita sudah bayar. Sudah masuk uangnya di kecamatan. Bisa di cek sama Camat-nya langsung,” ujar Santoso saat ditemui di kantor Bupati Konawe kemarin.

Sebelumnya, Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara meminta hak para petugas kebersihan itu segera dibayarkan oleh pihak BPKAD Konawe. Gusli mengaku, dirinya tak ingin masalah tunggakan pembayaran honor petugas kebersihan terus berlarut-larut. Apalagi, menurutnya, sebagian besar pasukan kuning di Konawe berlatar belakang masyarakat yang keadaan ekonominya serba kekurangan.

“Saya sudah minta kepada BPKAD untuk melunasi honor petugas kebersihan. Supaya gampang kita pantau, rencananya awal tahun 2020 para petugas kebersihan akan kita tarik dari kecamatan dan tempatkan di DLH Konawe,” ungkap Gusli Topan Sabara.

Untuk diketahui, dari informasi yang dihimpun Kendari Pos, jumlah petugas kebersihan Konawe yang ditempatkan di tiga kecamatan yakni Unaaha, Wawotobi dan Anggaberi berjumlah 200-an orang. Sesuai kontrak, honor mereka seharusnya dibayar per bulan dengan nominal Rp 910.00 per orang. (b/adi).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy