Hari Ini, Gerhana Matahari Cincin

Setelah kontak ketiga dilalui, piringan matahari yang tampak tergerhanai akan semakin kecil hingga akhirnya bulan terakhir kali menutupi piringan matahari, yaitu saat kontak keempat.

“Lama waktu dari kontak pertama hingga kontak keempat disebut sebagai durasi gerhana dan lama waktunya bervariasi dari satu kota ke kota lainnya,”terangnya.

Rosa mengimbau masyarakat, tidak perlu khawatir,karena ini hal yang wajar. Cuma kadang-kadang ini menjadi momen yang sangat menarik bagi yang melihat sehingga sering diabadikan. “Kalau memang mau melihat gunakan pengaman. Jangan melihat secara langsung. Kalau bisa gunakan teropong atau kacamata gerhana khusus,”imbaunya.

Untuk diketahui GMC sebelumnya yang dapat diamati di Indonesia adalah GMC 22 Agustus 1998, yang jalur cincinnya melewati Sumatera bagian Utara dan Kalimantan bagian Utara. Serta GMC 26 Januari 2009 yang jalur cincinnya melewati Sumatera bagian Selatan dan Kalimantan.

Adapun prediksi GMC yang akan datang yang dapat diamati di Indonesia adalah GMC 21 Mei 2031, yang jalur cincinnya melewati Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku, serta GMC 14 Oktober 2042 yang jalur cincinnya melewati Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara. (rah/b)

Facebooktwittermail

Laman: 1 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.