Hari Ini, Gerhana Matahari Cincin – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Hari Ini, Gerhana Matahari Cincin

Gerhana Matahari Cincin

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 25 kota di Indonesia akan dilewati gerhana matahari cincin (GMC). Begitu pula di Sultra, meski hanya gerhana matahari sebagian (GMS). Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia mengatakan magnitudo gerhana hanya sekira 76,2 persen. Yang akan dirasakan mulai kontak pertama sekira pukul 12.35 wita hingga terakhir pukul 15.50 wita.

“Untuk wilayah Sultra hanya GMS dimulai pukul 12.35 Wita, puncaknya pukul 14.21 Wita dan berakhir pukul 15.50 Wita. Jadi hanya sekira 76,2 persen saja yang teramati,” ujar Rosa Amelia saat dihubungi Kendari Pos, Rabu (25/12).

Penampakan gerhana di Sultra, akan bergantung pada kondisi cuaca. Bila memang cuacanya bagus dan mendukung, maka penampakan visual itu akan terlihat. “Kalau mataharinya tertutup awan secara otomatis tidak akan terlihat tetapi fenomenanya tetap terjadi. Cuma tidak teramati,”ucapnya.

Peristiwa yang terjadi satu kali dalam 10 tahun ini menjadi hal yang dinanti-nantikan. Namun penentuan lokasi gerhana tergantung koordinat. Untuk wilayah Indonesia yang dilewati GMC 90 persen itu hanya 25 pusat kota dan kabupaten di tujuh provinsi, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur. Sementara provinsi lainnya akan dilewati gerhana di bawah 90 persen.

Gerhana matahari dimulai saat kontak pertama terjadi, yaitu ketika piringan bulan yang ditampilkan berupa lingkaran abu-abu mulai menutupi piringan matahari, yang ditampilkan berupa lingkaran berwarna kuning.

Seiring berjalannya waktu, piringan matahari yang tergerhana akan semakin besar hingga akhirnya seluruh bulan mulai menutupi piringan matahari.

“Waktu saat peristiwa ini terjadi disebut kontak kedua dan akan berakhir saat seluruh piringan bulan terakhir kali menutupi piringan matahari, yaitu saat kontak ketiga,” jelas Rosa Amelia.

Selanjutnya, waktu dari kontak kedua hingga kontak ketiga tersebut disebut sebagai durasi cincin atau fase cincin, yang lama waktunya bervariasi dari satu kota ke kota lainnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy