Hadapi Era 4.0, FAI UMK Manfaatkan Teknologi

Prof. Dr. Abdullah Alhadzah (dua dari kiri) didampingi para keynote speaker seminar nasional FAI UMK di Aula UMK, beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Era revolusi industri 4.0, merupakan tantangan besar yang harus dihadapi perguruan tinggi di Indonesia, termasuk pendidikan Agama Islam. Untuk itu, seluruh Program Studi (Prodi) yang diselenggarakan oleh institusi dituntut untuk menjawab tantangan itu. Hal itu terungkap pada seminar nasional yang dihelat oleh Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) yang bertajuk “Strengthening Quality of Islamic education Through Social Media and Globalization Facing The Industrial 4.0, bertempat di Aula UMK, Kamis (26/12) lalu.

Prof. Abdullah Alhadza, salah satu keynote speaker dalam seminar tersebut mengatakan pendidikan agama tidak boleh menutup diri terhadap arus industri 4.0 ini. Teknologi dan segala produknya justru harus bisa dimanfaatkan untuk menjadi sarana efektif untuk berdakwah dengan menyasar para generasi muda. “Ibaratnya teknologi yang canggih ini jembatan kita untuk menyebar nilai positif Islam pada muda-mudi,” ungkap Dewan Pendidikan Sulawesi Tenggara (Sultra) ini.

Ia juga menuturkan, salah satu keuntungan yang bisa didapat jika mengikuti industri 4.0 dengan sikap positif ialah tidak mudah termakan hoax. Era informasi digital tentu menjadi tempat yang baik untuk memeriksa kembali apa yang sudah diterima. “Semoga tidak ada lagi masyarakat yang termakan kontroversi murah jika tahu bagaimana ber-tabayyun menggunakan teknologi,” ungkap guru besar UMK tersebut.

Senada dengan Prof. Abdullah, Dekan FAI UMK, Yusuf, S.Pd.I., M.Pd.I., menyampaikan bahwa perkembangan era industri 4.0 menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan saat ini, termasuk Pendidikan Islam. Para guru mau tidak mau harus mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks. “Dunia pendidikan harus menyesuaikan diri dengan perubahan zaman yang ada,” katanya di depan para peserta seminar.

Laman: 1 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *