Golkar Dukung Jokowi Hukum Mati Koruptor – Kendari Pos
Nasional

Golkar Dukung Jokowi Hukum Mati Koruptor

ILustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan para koruptor bisa dihukum mati, asalkan ada masukan dari masyarakat luas. Sehingga bisa meredam pemberantasan korupsi. Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi III Taufik Basari mengatakan hukuman mati terhadap koruptor tidak akan memberikan efek jera. Sehingga perlu dilakukan dengan cara lain. “Efek jera tidak melulu diukur berdasarkan mematikan pelaku. Apakah itu kemudian itu menimbulkan efek Jera,” ujar Taufik saat dikonfirmasi, Rabu (11/12).

Menurut Ketua DPP Partai Nasdem, yang membuat efek jera adalah penegakan hukum yang konsisten. Sehingga nantinya orang akan takut berbuat korupsi. “Nah yang menimbulkan efek jera adalah penegakan hukum yang konsisten,” katanya.

Penegakan hukum yang konsisten menurut Taufik adalah tidak membeda-bedakan kasus. Sehingga penegakan hukum yang konsisten itulah yang membuat efek jera bagi para koruptor. “Nah ini persoalan konsistensi dalam penegakan hukum itulah yang akan menimbulkan efek Jera,” ungkapnya.

“Orang akan berpikir saya tidak punya peluang untuk berbuat kejahatan karena kalau saya berbuat kejahatan pasti dengan mudahnya saya akan dihukum. Jadi lebih ke situnya,” tambahnya.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPR, Adies Kadir mendukung wacana tersebut. “Kalau ini yang menjadi keinginan masyarakat, tentunya kami harus mendukung,” ujar Adies saat dikonfirmasi, Rabu (11/12).

Namun demikian, politikus Partai Golkar ini mengatakan, pemberian hukuman mati tidak untuk orang yang melakukan korupsi dalam jumlah kecil. Hukuman mati harus dilakukan kepada koruptor yang merugikan negara setidaknya triliunan rupiah.
“Kalau koruptor yang cuma Rp 50 – Rp 100 juta ngapain dihukum mati, kasihan juga kan dia masih bisa bertobat,” katanya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy