Gaungkan Minat Baca Lewat Kemah Literasi, Pemkab Konawe Launching GKM – Kendari Pos
Konawe

Gaungkan Minat Baca Lewat Kemah Literasi, Pemkab Konawe Launching GKM

(ki-ka) Kepala Balai Pengembangan (BP) PAUD dan Dikmas Sultra Drs Harisman, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe Suriyadi, Asisten III Pemkab Konawe Drs Hasim Karim, saat mengunjungi salah satu stand buku yang tersedia dalam kemah literasi di pelataran kantor Dikbud Konawe.

KENDARIPOS.CO.ID — Sektor pendidikan merupakan prioritas penting dalam mendukung pembangunan sumber daya manusia (SDM) di Konawe. Minat baca yang meningkat menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan program kerja di sektor pendidikan. Atas dasar itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe melaunching Gerakan Konawe Membaca (GKM), Selasa (17/12). Upaya ini sebagai wujud keseriusan pemerintah dalam menuntaskan buta aksara di daerah penghasil beras terbesar di Sultra.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe, Suriyadi mengatakan launching GKM menjadi salah satu upaya mewujudkan visi-misi Konawe Gemilang 2018-2023. Hal itu merupakan bentuk internalisasi ke daerah atas program nasional bernama Gerakan Indonesia Membaca (GIM). Salah satu rangkaian kegiatan launching itu, dengan mengadakan kemah literasi selama seharian bertempat di pelataran kantor Dikbud Konawe yang diikuti oleh puluhan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) se-Konawe.

“Kemasannya, yakni berkemah sambil membaca. Kita juga terus mendorong seluruh satuan pendidikan formal dan non formal untuk membudayakan minat literasi. Sehingga diharapkan, angka melek baca di Konawe bisa meningkat,” ujar Suriyadi saat memberikan sambutan launching GKM di Aula kantor Dikbud Konawe, Selasa (17/12).

Sementara itu, Kepala Balai Pengembangan (BP) PAUD dan Dikmas Provinsi Sultra, Drs Harisman menuturkan kemauan membaca masyarakat Indonesia masih tergolong rendah. Dari survei di 71 negara oleh salah satu lembaga internasional di tahun 2017 saja, katanya, minat literasi Indonesia menempati urutan ke 60. Minat literasi Indonesia, bahkan kalah dari negara tetangga lain seperti Malaysia, Vietnam dan Thailand.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy