Gagalkan Penyelundupan Bahan Baku Bom, Ditpolairud Amankan 10 Ton Amonium Nitrat – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Gagalkan Penyelundupan Bahan Baku Bom, Ditpolairud Amankan 10 Ton Amonium Nitrat

KENDARIPOS.CO.ID — Tim Subdit Gakkum Ditpolair Korpolairud Baharkam dan tim Ditplairud Polda Sultra berhasil menggagalkan penyeludupan bahan baku bom ikan berjenis ammonium nitrat di wilayah perairan Ereke Buton Utara, tepatnya dikordinat 4′ 43,00″ S – 123′ 16,000 E. Dari penangkapan tersebut, polisi mengamankan ammonium nitrat merk matahari produksi Jerman lebih 400 karung atau 10 ton dari kapal berbendera KM. Lutfiana Indah – 03.

Direktur Ditpolairud Polda Sultra AKBP Suryo Aji membenarkan pnangkapan tersebut. Dia juga mengaku bahwa tim Ditpolairud Baharkam juga mengamankan nakhoda kapal yang memuat amonium nitrat saat itu. “Iya benar. Tapi kami menunggu informasi dari Baharkam untuk disampaikan ke media,”kata AKBP Suryo Aji. Penangkapan tersebut dilakukan, 4 November lalu. Saat diringkus, di atas KM. Lutfiana Indah – 03, polisi langsung melakukan pemeriksaan. Dari informasi yang dihimpun KM Lutfiana tersebut berasal dari Perairan Pemana NTT menuju Perairan Ereke Buton Utara Sulawesi Tenggara.

Ilustrasi bom ikan.

Di atas kapal ditemukan Dariyatno bin H. Nuh dan H . Sudirman bin Makulilin, yang diduga berperan dalam pengadaan bahan baku bom ikan tersebut. Dari hasil pemeriksaan sementara, ammonium nitrat tersebut berasal dari negara Malaysia dan masuk secara ilegal ke Indonesia melalui jalur laut/perairan. Barang bukti yang berhasil di amankan sementara ini adalah 1 unit kapal KM. Lutfiana Indah- 03. (ade/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy