FHIL UHO Dorong Pemanfaatan HHBK di Sultra – Kendari Pos
Edukasi

FHIL UHO Dorong Pemanfaatan HHBK di Sultra

Suasana Seminar Nasional yang Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan UHO di Hotel Claro Kendari Senin (2/12).

KENDARIPOS.CO.ID — Potensi Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) Sultra sangat melimpah. Namun potensi tersebut belum digarap secara optimal sehingga belum bisa menunjang perekonomian masyarakat Bumi Anoa. Untuk itu, Universitas Halu Oleo (UHO) melalui Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) menghelat seminar nasional dengan tema “Peran Hasil Hutan Bukan Kayu dalam Mendukung Pembangunan Sentral dan Kemaritiman, Menuju Pembangunan Berkelanjutan” di Hotel Claro Kendari, Senin (2/12).

Dekan FHIL UHO, Prof. Dr. Aminuddin Mane Kandari mengatakan bahwa seminar ini merupakan cara FHIL untuk sosialisasikan kepada masyarakat Sultra, bahwa kayu bukanlah satu-satunya yang dihasilkan oleh hutan. Namun, masih terdapat banyak potensi dari hasil hutan lainya yang tidak berwujud kayu. “Ternyata banyak hasil hutan selain kayu yang memiliki nilai ekonomis yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Seperti rotan, hingga budidaya lebah,” ungkapnya.

Pihaknya juga menyampaikan saat ini produk nonkayu dan jasa lingkungan sedang dicanangkan oleh pemerintah untuk untuk mendukung pembangunan sentral dan kemaritiman menuju pembangunan yang berkelanjutan. “Tidak bisa dipungkiri bahwa potensi HHBK di Sultra sangat melimpah. Tetapi potensi itu belum nyata pemanfaatanya,” ujarnya.

Untuk itu, melalui seminar nasional ini pihaknya berharap agar seluruh peserta seminar dapat memahami potensi HHBK serta dapat memanfaatkanya secara masif. “Semoga seminar nasional ini dapat memberikan efek yang positif kepada masyarakat dan juga para peneliti terkait dengan potensi yang dimiliki oleh hutan, yang sebenarnya tidak hanya berupa hasil hutan berupa kayu saja,” tuturnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy