Empat Kandidat di Muna Adu Gagasan di Demokrat

KENDARIPOS.CO.ID — Empat bakal calon Bupati Muna yakni Syarifuddin Udu, Abdul Asis, LM. Baharuddin dan LM. Rajiun Tumada mengikuti pemaparan visi misi yang digelar Partai Demokrat di Raha, Jumat (6/12). Pemaparan tersebut merupakan salah satu tahapan penjaringan untuk menentukan rekomendasi dukungan Partai Demokrat dalam Pilbup Muna 2020 mendatang.

Ketua DPD Demokrat Sultra, Muh Endang (tiga dari kiri) pose bersama bakal calon Bupati Muna, LM Rajiun Tumada (dua dari kanan), Syarifuddin Udu (tiga dari kanan), dr Baharuddin (kiri) dan sejumlah fungsionaris Partai Demokrat, kemarin.

Syarifuddin Udu mendapat kesempatan pertama menyampaikan programnya di hadapan audiens dari simpatisan hingga tokoh masyarakat. Ia menyoroti kualitas infrastruktur, pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pembinaan sumber daya manusia. Ia menilai pemerintah daerah saat ini masih belum optimal menyelesaikan masalah tersebut. Isu penting itu akan menjadi program strategisnya jika terpilih nanti. “Infrastruktur wisata, pertanian, pemberdayaan ekonomi dan sumber daya manusia harus diperhatikan penuh,” jelasnya, kemarin.

Sementara itu, Abdul Asis menyebut kunci penting pembangunan salah satunya ialah kondusifitas daerah. Muna membutuhkan keamanan dan ketertiban yang terjaga agar target pembangunan dan investasi bergerak cepat. Makanya salah satu yang ditawarkan adalah penguatan sinergi antara forum komunikasi pimpinan daerah. “Pemerintah harus aktif menjaga keamanan agar pembangunan bisa dilakukan dengan tenang. Peran itu harus maksimal dilakukan bersama Forkopimda,” kata mantan Kapolres Asmat, Papua itu.

LM.Baharuddin sendiri masih berkutat pada isu orientasi anggaran daerah yang dinilainya salah arah. Padahal APBD sudah menyentuh nilai Rp 1,2 triliun dengan luas wilayah yang tinggal 22 kecamatan. Menurutnya, akselerasi pembangunan justru melambat. Sebagai bukti, semasa masih aktif menjabat 2014 lalu pertumbuhan ekonomi menyentuh angka 9 persen. Sekarang malah turun menjadi 5 persen lebih. “Ini bukti ada yang salah dengan fokus kebijakan saat ini,” paparnya.

Ia menawarkan keberlanjutan program pro rakyat di eranya seperti penataan pasar sentral Laino, pembangunan RSUD Muna dan peningkatan kualitas infrastruktur. “Kita akan bangun Muna menjadi maju dan sehat,” urainya.
LM. Rajiun Tumada mendapat kesempatan terakhir. Bupati Muna Barat itu menyebut, program yang ditawarkan pada masyarakat Muna tidak berbeda jauh dengan apa yang dilakukan di otoritanya. Beberapa diantaranya adalah TPP bagi ASN, seragam gratis bagi pelajar dan perbaikan infrastruktur. Satu hal yang ditegaskan Rajiun, menyangkut keseriusannya membangun Muna. Itu dibuktikan dengan mengunjungi 132 titik sejauh ini. “Artinya saya ingin merumuskan visi misi dan program sesuai aspirasi masyarakat. Kita akan buat Muna sejajar daerah lain,” tuturnya.

Laman: 1 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *