Eks Koruptor Melenggang di Pilkada 2020, Pengamat : Perlu Revisi UU Pilkada – Kendari Pos
Politik

Eks Koruptor Melenggang di Pilkada 2020, Pengamat : Perlu Revisi UU Pilkada

La Ode Abdul Natsir Muthalib


KENDARIPOS.CO.ID — Mantan koruptor kini bersorak. Mereka akhirnya mendapat lampu hijau untuk tampil di panggung kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020. Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan membatalkan larangan mantan narapidana (napi) korupsi untuk maju di Pilkada 2020.

Ketentuan itu tertuangkan dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 18 Tahun 2019 tentang perubahan kedua atas PKPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota yang ditetapkan pada 2 Desember 2019. Pasal 4 huruf h menyebutkan hanya mantan terpidana bandar narkoba dan kejahatan seksual terhadap anak yang dilarang mencalonkan diri. Ketua KPU Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Abdul Natsir Muthalib, saat dihubungi mengatakan, sejak awal semangat KPU adalah ingin mendorong terselenggaranya pemilihan umum (pemilu) yang berkualitas. Salah satunya dengan melarang eks koruptor mencalonkan diri di pilkada.

“KPU berada pada posisi mendorong agar mantan napi korupsi dianggap tidak memenuhi syarat mencalonkan diri. Ini berangkat dari pengalaman di mana ada kepala daerah yang sebelumnya pernah terjerat kasus korupsi, saat terpilih kembali ternyata masih melakukan kesalahan yang sama,” ujar Abdul Natsir, Jumat (6/12).

Lanjut dia, sebelumnya KPU pernah menetapkan larangan mantan koruptor menjadi calon anggota legislatif (caleg) saat pemilu 2019 lalu yang dituangkan dalam PKPU Nomor 20 Tahun 2018. Lewat ketentuan tersebut, KPU menggugurkan sejumlah caleg berstatus eks koruptor. Namun, ada pihak yang mengajukan penolakan melalui Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sehingga dilakukan judicial review (JR) ke Mahkamah Agung (MA).

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy