Dukung Kandidat di Pilkada, Parpol Diminta Lebih Selektif – Kendari Pos
Politik

Dukung Kandidat di Pilkada, Parpol Diminta Lebih Selektif

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pragmatisme dalam politik makin terkuak jelas. Partai politik (parpol), sudah tidak “malu” lagi menunjukkan keberpihakannya kepada kandidat yang punya modal di pilkada. Sehingga, jadinya figur yang tidak diharapkan rakyat justru mereka terpilih. Sorotan ini disampaikan Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini.

“Mestinya parpol lebih selektif mendukung kendidat di pilkada. Sebagai bagian dari institusi demokrasi, parpol harus ikut bertanggung jawab. Jangan sampai mendahulukan pertimbangan pragmatis dalam mendukung figur,” ungkap Titi, kemarin. Dia menambahkan, hal lain yang tak kalah penting adalah soal politik dinasti. Ini juga mesti menjadi perhatian parpol.

“Setiap orang memang punya hak sama untuk masuk dunia politik. Tinggal parpol saja, bagaimana melakukan seleksi saat mendukung kandidat,” harapnya. Sebelumnya, Pengamat Politik UHO, Dodi Santoso menilai, fenomena maraknya politik dinasti sebagai gejala oligarki politik yang sangat nyata. Terutama anak pejabat, mereka dipersiapkan sejak dini untuk menjadi penguasa di masa depan. Hal ini dinilainya berbahaya karena kekuasaan hanya akan dijalankan oleh segelintir orang.

“Tak salah kalau anak pejabat menjadi anggota dewan atau nanti disiapkan jadi kepala daerah. Semua warga negara Indonesia memiliki hak politik yang sama. Sesuai konstitusi, mereka berhak untuk memilih dan dipilih. Namun, negara kita ini sudah mulai kembali pada politik oligarki yang ditandai dengan penempatan keluarga, sanak saudara, dan segala macam, di posisi-posisi strategis. Ini harus menjadi perhatian bersama,” katanya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy