Drama Politik: Mahfud MD dari Cawapres hingga Menko Polhukam – Kendari Pos
Nasional

Drama Politik: Mahfud MD dari Cawapres hingga Menko Polhukam

Mahfud MD

KENDARIPOS.CO.ID — April 2019 masyarakat Indonesia dihadapkan dengan hajatan akbar Pileg dan Pilpres yang digelar bersamaan. Publik pun lebih fokus mengamati gerak-gerik pilpres dibanding pileg.
Catatan JawaPos.com di 2019 setidaknya Pilpres kemarin banyak terjadinya gesekan. Antara pendukung Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto. Gesekan itu berupa cacian, umpatan dan juga sindiran antar pendukung.

Jauh menelisik kebelakang, Pilpres diwarnai bumbu-bumbu drama politik seperti Jokowi yang batal memilih Mahfud MD menjadi cawapresnya, dan memilih Ma’ruf Amin. Keputusan itu disampaikan oleh Jokowi di Restoran Plataran di menteng Jakarta. “Saya memutuskan dan telah mendapat persetujuan dari partai koalisi, yang akan mendampingi sebagai calon wakil presiden adalah Profesor Kiai Haji Ma’ruf Amin,” kata Jokowi, Kamis (9/8).

Menurut Jokowi, Ma’ruf adalah tokoh agama yang bijaksana, pernah mengemban sejumlah posisi seperti anggota DPRD, DPR, MPR, anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Rais ‘Aam PBNU hingga sekarang menjabat Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia.

Dipilihnya Ma’ruf cukup mengejutkan, meski sebelumnya namanya masuk dalam jajaran kandidat pendamping Jokowi.
Sebelumnya, nama yang diprediksi kuat menjadi pilihan Jokowi adalah mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD.
Namun, tiba-tiba Mahfud MD batal menjadi cawapres pendamping Jokowi di Pilpres 2019. Jokowi lebih memilih Ma’ruf Amin, meski nama Mahfud yang sangat kencang sampai pada detik-detik akhir deklarasi cawapres di plataran Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8).

Mahfud menyebut itu sebagai realitas politik, yang kerap berubah dalam waktu yang sangat cepat. Dia menerima ikhlas bukan namanya yang keluar dari mulut Jokowi saat deklarasi di plataran Proklamasi sore itu. “Saya sudah menyatakan sebenarnya bahwa itu realitas politik yang tidak bisa dihindarkan. Saya sudah katakan saya tidak apa-apa,” ujar Mahfud dalam acara Indonesia Lawyer Club (ILC) TV One, Selasa (14/8).

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy