DPR Tawarkan Tiga Konsep Evaluasi Ujian Nasional – Kendari Pos
Nasional

DPR Tawarkan Tiga Konsep Evaluasi Ujian Nasional

Ujian Nasional

KENDARIPOS.CO.ID — Gagasan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim merombak ujian nasional (UN) terus menjadi perbincangan. Komisi X DPR yang menjadi mitra Kemendikbud siap memberikan sejumlah rekomendasi.

Wakil Ketua Komisi X Hetifah Sjaifudian menuturkan, wacana perombakan atau bahkan penghapusan UN harus dikaji mendalam. Jika UN dihapus, pihaknya memiliki tiga konsep yang bisa ditawarkan kepada Kemendikbud.

Pertama, Kemendikbud mesti melakukan asesmen secara berkala. Itu menjadi mekanisme evaluasi sebagai pengganti UN.
Nah, asesmen secara berkala bisa dilakukan serentak secara nasional. ’’Mungkin bisa setahun sekali sesuai dengan kajian yang mendalam,” paparnya, kemarin.

Kedua, asesmen berkala harus menjadi parameter pemetaan dunia pendidikan secara nasional. Baik bagi peserta didik maupun pendidik. Sekolah dan pemerintah daerah harus secara jujur melakukan pemetaan. Dengan demikian, asesmen tersebut menjadi acuan dalam perbaikan mutu pendidikan. ”Pendekatan solusi akan berbeda sesuai dengan kebutuhan atau kekurangan di sekolah setempat,” imbuh politikus peraih master kebijakan publik dari National University of Singapore itu.

Konsep ketiga terkait penguasaan teknologi. Sekolah, kata dia, harus memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai media pembelajaran agar siswa dan guru terbiasa. Di sisi lain, pemanfaatan teknologi akan menjadi big data dalam perbaikan kualitas pendidikan di daerah masing-masing. ”Pemerintah harus menyiapkan perangkat pembelajaran berbasis teknologi. Terutama di daerah-daerah pelosok,” tegas Hetifah.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy