Dorong Peningkatan Kualitas, Unsultra Terapkan Pembelajaran Berbasis Kompetensi – Kendari Pos
Edukasi

Dorong Peningkatan Kualitas, Unsultra Terapkan Pembelajaran Berbasis Kompetensi

Kepala LLDIKTI, Prof. Dr. Jasrudim, M.Si., saat membawakan materi di hadapan peserta diskusi ilmiah di Zahrah Hotel Kendari, Selasa (25/12) malam lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Saat ini, universitas dituntut melahirkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja, serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan dirinya sendiri maupun orang lain. Untuk itulah, Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) dengan melaksanakan Diskusi Ilmiah terkait Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) bertajuk Pengelolaan Pendidikan Tinggi yang Berkualitas di Zahrah Hotel Kendari, Selasa malam (25/12) lalu.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) regional IX, Prof. Dr. Jasrudin M.Si., yang bertindah sebagai narasumber kegiatan mengatakan, apabila Perguruan Tinggi (PT) ingin maju di era industri 4.0, maka pada dasarnya harus berani mengubah paradigma berpikir dan cara pandang organisasi PT ke depan yang selalu mengalami perubahan.

Perubahan yang dimaksud, lanjut dia, terkait dengan penyesuaian perkembangan teknologi yang mesti diikuti Unsultra, guna dapat mensejajarkan dirinya dengan PTN yang ada di Sultra. “Salah satu cara melakukan perampingan organisasi dan reorientasi kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Jadi, semua PT harus melakukan itu. KKNI sendiri menekankan kompetensi, yang jelas berbeda dengan proses akademik biasa,” ujarnya.

Diakuinya, saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan gelar sekarang ini tidak menjamin kompetensi dan mendapatkan pekerjaan.

Ia berharap, semua PT khususnya Unsultra dapat merubah pola pikir secara kelembagaan tentang paradigma baru yang menjadikan Unsultra menjadi pionir perubahan kampus yang lebih baik.

Sementara itu, Rektor Unsultra Prof. Dr. Andi Bahrun menuturkan, diskusi ilmiah ilmiah ini dilakukan karena Unsultra sangat menyadari untuk mengantisipasi, mempersiapkan alumni bukan saja siap kerja, tapi siap menciptakan lapangan kerja dan siap beradaptasi dengan segala kemungkinan di masa depan.

“Salah satu solusinya harus orientasi kurikulum berbasis KKNI termasuk pengelolaan pendidikan tinggi yang berkualitas dan itu hari ini Unsultra sudah lakukan,” tuturnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy