Disdukcapil Kendari Target Cetak 20.000 KIA Sebelum Tahun 2020 – Kendari Pos
Metro Kendari

Disdukcapil Kendari Target Cetak 20.000 KIA Sebelum Tahun 2020

KENDARIPOS.CO.ID — Blangko Kartu Identitas Anak (KIA) masih tersedia di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari. Tahun 2019 ini, lembaga yang dipimpin Halili itu target cetak 20 ribu KIA. Kepala Disdukcapil Kota Kendari Halili mengatakan pihaknya masih terus melakukan sosialisasi dan mengimbau seluruh SD dan SMP untuk melakukan pengumpulan berkas anak. Dengan bantuan pihak sekolah, pihaknya mudah melakukan pencetakan KIA. Target cetak 20 ribu KIA sebelum pergantian tahun.

“KIA telah diwajibkan Kemendagri sejak 2016 lalu untuk usia 0-17 tahun. Kota Kendari baru dimandatkan dalam pemberlakuannya. Saat ini kami mewajibkan untuk anak-anak yang sudah bersekolah dengan usia 5-17 tahun. Alhamdulillah, langkah awal kami sudah mencetak 2000 blangko KIA, semoga tinta ribbonya selalu tercukupi hingga target tercapai,” ungkap Halili pada Kendari Pos, Minggu (8/12).

Ia mengakui adanya kendala pencetakan KIA. Masalahnya serupa dengan pencetakan KTP. Misalnya, blangko rusak atau tinta ribbon habis. Apalagi tinta tersebut bisa dibeli jika anggaran mencukupi, sebab harganya mahal. Untungnya, kata Halili, KIA ini tidak memiliki chip atau belum elektronik layaknya KTP. Hanya berupa kartu identitas untuk pendataan pemerintah.

Kepala Disdukcapil Kota Kendari, Halili.

“KIA ini bentuk upaya pemerintah mengakomodir data penduduk, mempermudah untuk database perorangan warga. Selain sebagai persyaratan masuk sekolah, banyak manfaat yang dimiliki oleh KIA. Anak-anak sudah bisa membuka rekening tabungan untuk menabung di bank dengan identitasnya sendiri.

Bahkan, KIA juga akan berlaku sebagai syarat proses mendaftar BPJS,” bebernya. Sebagai informasi, KIA terbagi atas dua jenis yakni untuk usia anak 0-5 tahun dan 5-17 tahun. Fungsinya sama, informasi yang tertera diantaranya ada Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama orang tua, alamat dan foto anak untuk KIA kelompok usia 5-17 tahun. (int/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy