DIPA Rp.732 Miliar Mengalir ke Muna dan Mubar – Laman 2 – Kendari Pos
Nasional

DIPA Rp.732 Miliar Mengalir ke Muna dan Mubar

KPPN meminta kepada kuasa pengguna anggaran agar secepatnya melakukan belanja modal. Hal itu mengingat potensi ancaman perlambatan ekonomi global dapat menekan laju perekonomian nasional. Percepatan realisasi anggaran merupakan salah satu instrumen yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi sejak awal tahun. “Sesuai pesan Presiden, harus cepat realisasi belanja agar ekonomi bisa bangkit sejak awal tahun,” sambungnya.

Ma’ruf juga mengingatkan kepada para KPA bahwa mekanisme pencairan dana kini mengalami perubahan. KPPN telah memberlakukan kebijakan perkiraan pencairan dana harian (PPDH) sebelum surat permintaan membayar diajukan oleh satker. Aturan PPDH tersebut berlaku sejak November 2019.

“Sekarang tidak bisa lagi ujug-ujug minta dana. Setiap satker minimal mengajukan PPDH 14 hari sebelum SPM diserahkan. Kebijakan itu agar satker bekerja sesuai perencanaan sekaligus untuk pengendalian kas,” terangnya.

Untuk memudahkan sosialisasi kebijakan, KPPN juga telah membuat akun Youtube yang bisa diakses oleh operator Satker. Youtube diharapkan menjadi jembatan komunikasi yang efektif agar Satker dalam mengelola dana dengan menyesuaikan rambu yang telah digariskan. Ma’ruf meminta kerjasama seluruh Satker agar realisasi anggaran dipercepat sekaligus dapat dipertanggung jawabkan. “Saya mengutip pernyataan Menkeu agar kita semua jangan lelah mencintai negeri. Mari bersama-sama membangun Indonesia khususnya Muna dan Muna Barat,” urainya.

Wakil Bupati Muna Abdul Malik Ditu menilai percepatan realisasi anggaran perlu dilakukan daerah agar ‘dapur’ masyarakat tetap mengepul sejak awal tahun. Apalagi, daerah seperti Muna yang masih sangat bergantung pada belanja pemerintah, ekonomi sangat bergantung pada kecepatan Pemkab merealisasikan pekerjaan fisik. Namun diakuinya, niatan bekerja cepat seringkali terbentur dengan kebiasaan tender proyek yang terlambat.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy