Delapan Jurnal IAIN Kendari Terakreditasi – Kendari Pos
Edukasi

Delapan Jurnal IAIN Kendari Terakreditasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pengelolaan Jurnal di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari telah menunjukkan kemajuan yang signifikan. Itu dibuktikan dengan diterbitkannya sertifikat Akreditasi bagi delapan jurnal oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang kini telah berubah nomenklatur menjadi Kemenristek dan Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Kemenristek menetapkan pemeringkatan akreditasi jurnal terdiri dari enam peringkat, dimana yang tertinggi mulai dari peringkat SINTA 1.
Dari delapan jurnal di lingkungan IAIN Kendari, Jurnal Langkawi (Jurnal Bahasa dan Literatur Arab dan Inggris) yang dikelola oleh Pusat Pengembangan Bahasa, berhasil memperoleh predikat akreditasi SINTA 2.

Chief Editor Jurnal Langkawi, Fahmi Gunawan, SS., M.Hum., mengatakan, pencapaian akreditasi jurnal Langkawi tidak terlepas dari upaya yang dilakukan pengelola antara lain, memperbaiki manajemen pengelolaan, memastikan mutu artikel yang dipublikasikan telah memenuhi substansi serta melibatkan reviewer dari berbagai institusi baik dalam dan luar negeri dalam proses penyuntingan.

“Keterlibatan para reviewer dan penulis dari dalam dan luar negeri ini berkat kesungguhan dan konsistensi pengelola serta dukungan dari pimpinan dan rekan-rekan di Rumah Jurnal yang mendorong perbaikan manajemen pengelolaan jurnal melalui pendampingan dan program lainnya,” ungkapnya, Minggu (1/11).

Jurnal Langkawi juga telah terindeks di lembaga pengindeks internasional bereputasi menengah yaitu Directory of Open Access Journals (DOAJ). Selain jurnal Langkawi, jurnal lainnya yang telah terakreditasi dan terindeks DOAJ adalah Jurnal Al Izzah (Studi Islam), Jurnal Li Falah (Studi Ekonomi dan Bisnis Islam), dan Jurnal Shautut Tarbiyah (Pendidikan, Sosial Sains dan Agama). Sementara Jurnal Zawiyah (Pemikiran Islam), Atta’dib (Pendidikan dan Pengajaran), Jurnal Al Munzir (Komunikasi, Dakwah, Bimbingan Penyuluhan Islam, Jurnalistik dan Public Relation) dan Al Adl (Hukum Islam dan Pranata Sosial) sedang diupayakan untuk terindeks pada lembaga indeksasi internasional.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy