Calon Perseorangan di Kolaka Timur Butuh 8.100 KTP – Kendari Pos
Politik

Calon Perseorangan di Kolaka Timur Butuh 8.100 KTP

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka Timur (Koltim) mulai menjalankan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, sesuai jadwal yang ada. Saat ini, tahapannya adalah sosialisasi bagi calon perseorangan. Pihak KPU Koltim melalui Koordinator Divisi Data dan Program, Sutomo, mengatakan, seorang calon kepala daerah melalui jalur perseorangan harus didukung minimal 10 persen jumlah daftar pemilih tetap (DPT).

Di Koltim ada sekitar 80.997 jiwa yang tercatat dalam DPT terakhir. “Jadi calon harus memenuhi sekitar 8.100 dukungan kartu tanda penduduk (KTP) yang tersebar minimal pada tujuh kecamatan,” ujar Sutomo, kemarin. Di tempat yang sama, Koordinator Divisi Teknis KPU Koltim, Anhar, mengatakan, penyerahan dukungan ini telah diatur dalam PKPU nomor 16 tahun 2019, tentang syarat dukungan Pilkada 2020. Sementara untuk pengumuman di media mulai tanggal 3-16 Desember 2019. Sementara waktu untuk menyetorkan dokumen dukungan diberi waktu selama lima hari.

Sosialisasi tahapan dan persyaratan calon perseorangan dalam Pilkada serentak tahun 2020 yang dihelat KPU Koltim.

Setelah menyerahkan syarat dimaksud, KPU Koltim akan melakukan pengecekan jumlah dukungan dan sebaran. Dilanjutkan tahap administrasi dan kegandaan jumlah dokumen dukungan. Kemudian penyampaian dukungan di PPS dan diverikasi faktual pada tingkat desa dan dukungan pada level kecamatan. Setelah itu direkap di tingkat kabupaten. “Makanya kami sosialisasikan pada tingkat Kabupaten Koltim dulu. Setelah itu baru kita turun di kecamatan untuk menyampaikan tahapan dan persyaratan calon perseorangan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Koltim Tahun 2020, supaya diketahui masyarakat luas,” papar Anhar. (b/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy