Busel Festival Sukses dan Meriah : Gubernur Apresiasi Karnaval Budaya – Laman 2 – Kendari Pos
Buton Selatan

Busel Festival Sukses dan Meriah : Gubernur Apresiasi Karnaval Budaya

Gubernur Apresiasi Karnaval Budaya

Semarak pelaksanaan Buton Selatan (Busel) Festival berlangsung selama tiga hari. Euforia pagelaran budaya, seni sekaligus pameran keindahan alam laut Busel itu menghibur masyarakat. Setiap hari, berbagai pentas memeriahkan Buton Selatan Festival. Hari kedua, diisi dengan karnaval budaya yang memukau seluruh masyarakat dan tamu undangan. Seluruh elemen masyarakat yang ikut dalam pagelaran budaya tampil mengenakan pakaian adat dan kain tenun Buton. Seluruhnya tampil memesona dengan ciri khas dan kreasi dari masin-masing kecamatan.

Pagelaran budaya itu dihadiri langsung Gubernur Sultra, Ali Mazi. Orang nomor satu di Bumi Anoa itu hadir dan ikut serta dalam pawai budaya. Mengenakan pakaian adat Buton, Ali Mazi terlihat bangga dan berwibawa. Demikian halnya dengan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Buton Selatan (Busel), La Oda Arusani. Tampak elegan dengan setelan pakaian adat Buton lengkap. Orang nomor satu di Busel itu mendampingi langsung Gubernur Ali Mazi bersama Bupati Buton, La Bakry.

Ali Mazi mengapresiasi pelaksanaan Karnaval Budaya tersebut. “Semoga Buton Selatan Festival menjadi even tahunan yang terus berlanjut. Menjadi lokomotif dan inspirasi dalam kelanjutan pembangunan daerah,” kata Ali Mazi dalam sambutanya.

Gubernur Sultra dua periode itu mengapresiasi langkah Pemkab Busel menyelenggarakan event budaya tersebut. Menurutnya, even itu adalah terobosan positif yang dilaksanakan dalam upaya menjaga kearifan lokal sekaligus membangun daerah dari sektor pariwisata. “Saya mengapresiasi pelaksanaan Buton Selatan Festival. Event ini menjadi wadah tepat untuk memperkenalkan berbagai potensi daerah,” jelasnya.

Pawai budaya sebagai rangkaian kegiatan Buton Selatan Festival sekaligus dirangkaikan dengan pemilihan duta wisata Busel. Hal itu menjadi langkah tepat yang dilakukan Pemkab dalam upaya promosi wisata daerah dikancah nasional hingga mancanegara. Makanya, semua itu mendapat dorongan yang baik dari Gubernur Sultra, Ali Mazi. “Sukses tidaknya pengembangan potensi wisata Busel tergantung dari saudara sekalian (duta wisata, red) dalam mempromosikannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Bupati Busel La Ode Arusani mengaku bangga dengan peran serta masyarakat yang ikut dalam pagelaran budaya. Semua itu menujukan kecintaan yang tinggi masyarakat terhadap budaya dan kearifan lokal yang dimiliki. “Melalui event ini, kita ingin memperkenalkan kearifal lokal yang dimiliki Busel. Jajaran pemerintah dan masyarakat ikut dalam pagelaran dengan mengenakan pakaian adat lokal Buton,” terangnya.

Sekadar diketahui, selain Gubernur Sultra Ali Mazi, dalam karnaval budaya juga hadir beberapa tamu undangan lainnya. Diantaranya, Anggota DPD RI Amirul Tamin, Wali Kota Baubau AS Tamrin, Bupati Buton La Bakry, dan sejumlah pejabat Pemprov, perangkat Kesultanan Buton dan unsur Forkompimda bersama jajaran OPD Busel. (adv/ahi/mel)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy