Busel Festival Sukses dan Meriah : Gubernur Apresiasi Karnaval Budaya – Kendari Pos
Buton Selatan

Busel Festival Sukses dan Meriah : Gubernur Apresiasi Karnaval Budaya

Plt Bupati Busel La Ode Arusani (depan, dua dari kiri) bersama Gubernur Sultra, Ali Mazi (depan, tiga dari kiri) dan Bupati Buton La Bakry (kanan) saat mengikuti Karnaval Budaya di Busel akhir pekan lalu. Kegiatan ini sebagai rangkaian Busel Festival 2019.


KENDARIPOS.CO.ID — Buton Selatan (Busel) Festival yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Buton Selatan berlangsung meriah. Event yang mempersembahkan berbagai tradisi budaya lokal masyarakat itu berlangsung selama tiga hari, mulai Jumat (29/11) hingga Minggu (1/12). Berbagai kegiatan budaya sukses digelar dan meriah. Serta memukau seluruh hadirin yang datang menyaksikan pagelaran tersebut.

Antusias masyarakat dalam menyambut dan menyaksikan event budaya itu begitu tinggi. Semua terlihat dari peran aktif seluruh lapisan masyarakat yang ikut meramaikan berbagai kegiatan yang dipentaskan. Mulai dari anak-anak hingga orang tua turut serta dalam pagelaran budaya tersebut.

Semua ikut andil dalam berbagai kegiatan yang dipentaskan. Mulai tradisi larung laut, parade karnaval budaya, lomba tarian lokal seperti kaleko, ase, kauda-uda dan lainya. Tidak ketinggalan pula pameran aneka hasil UKM masyarakat seperti produk kopi hendea, arobusta kopi rongi, abon ikan dan lainya. Semua turut dipentaskan dalam Buton Selatan Festival.

Pemkab Busel yang menggagas event tersebut sukses menyelenggarakannya. Meski baru pertama kali digelar, namun seluruh rangkaian kegiatan terlaksana dengan baik. Antusias penonton yang datang menyaksikan berbagai kegiatan juga begitu tinggi. Sejak hari pertama dibuka sampai penutupan, lapangan Lakarada Busel dipenuhi ribuan manusia. Bukan hanya masyarakat Busel, tapi masyarakat dari daerah tetangga juga datang myaksikan berbagai pertujukan yang dipentaskan.

“Saya merasa bahagia sekaligus bangga atas terlaksananya FKMA. Seluruh rangkaian kegiatan berjalan baik dan lancar. Terima kasih atas sambutan dan antusias masyarakat yang begitu tinggi. Semoga event ini bisa mengangkat segala potensi budaya dan kekayaan yang dimiliki Busel,” kata La Ode Arusani. Plt Bupati Busel.

Kendati seluruh rangkaian kegiatan berjalan lancar dan sukses, Pemkab Busel tidak berpuas diri. Semua tetap dilakukan evaluasi agar pelaksanaan Busel Festival berikutnya bisa lebih baik lagi. “Kegiatan festival ini baru pertama digelar. Jika masih ada kekurangan, akan menjadi bahan evaluasi untuk kita perbaiki. Sehingga pada event Busel Festival ke depan bisa lebih sukses dan meriah lagi,” optimisnya.

Dia menambahkan, pelaksanaan event ini menjadi salah satu bukti nyata kepedulian pemerintah dan masyarakat dalam menjaga sekaligus melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya Busel. “Di masa mendatang, saya berharap Busel Festival dapat mejadi salah satu daya tarik wisatawan yang berbasis budaya. Sehingga dapat meningkatkan arus kunjungan wisatawan di Busel,” harapnya. (ahi/mel)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy