Buhari Matta, Eks Bupati Kolaka Ditahan di Lapas Makassar – Laman 2 – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Buhari Matta, Eks Bupati Kolaka Ditahan di Lapas Makassar

BM ditahan di Makassar atas permintaan sendiri dan keluarganya. “Karena di sana banyak keluarganya,” tambah Taliwondo sembari menyebut anak buahnya yang masuk dalam tim eksekutor yakni Kasipidsus Kejari Kolaka, Amrizal, SH dan Kasi Intel Kejari Kolaka, Andy Malo Manurung, SH.

Di tempat terpisah, Kasipenkum Kejati Sultra, Herman Darmawan, SH menyebutkan BM dihukum berdasarkan putusan Mahkamah Agung atas perkara dengan nomor register 755k/Pid.Sus/2014. “Ini masih berkaitan dengan Atto Sakmiwata Sampetoding, yang sebelumnya di tangkap di Malaysia,”kata Herman Darmawan, SH, Minggu (8/12).

Herman menyebutkan, BM dihukum dalam jual beli nikel kadar rendah antara Pemkab Kolaka dengan PT.Kolaka Mining Internasional, yang menyebabkan kerugian negara Rp 24 miliar. BM divonis hukuman 4,5 tahun penjara serta denda sebesar Rp 500 juta dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar, maka diganti dengan pidana kurungan selama 6 bulan.

“Putusan MA RI tertanggal 25 Maret 2015, selanjutnya terpidana dibawa ke Makassar untuk di eksekusi di Lapas Makassar,”ujar Herman.

Untuk diketahui, BM tersandung perkara penjualan nikel kadar rendah tahun 2010 lalu. Senin 2 September 2013, PN Kendari menjatuhkan vonis 4,5 tahun penjara. Dalam perjalanan perkara ini, ada upaya hukum yang dilakukan. Lalu, MA menolak kasasi BM. (ade/fad/b)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy